IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

SHOFI, MASSIKA (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL  SHOFI MASSIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Terkait dengan sistem pendidikan yang diterapkan oleh sekolah, para pendidik masih fokus pada pengembangan akademik atau kognitif sedangkan pengembangan afektif masih kurang diperhatikan. Peneliti melihat penerapan metode pembiasaan yang sudah diterapkan di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu sudah berjalan dengan baik tetapi terdapat beberapa peserta didik yang belum terlihat karakter baiknya. maka dari itu, peneliti ingin melihat apa yang menjadi sebab dalam penerapannya. Mengingat betapa penting sekali penerapan karakter yang baik kepada peserta didik, jika penerapan karakter baik sudah ditanamkan sejak usia dini maka akan berdampak hingga masa dewasa. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan oleh peneliti, penelitian ini akan membahas tentang bagaimana implementasi metode pembiasaan untuk membentuk karakter di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan tenaga pendidik dan anak usia 4-5 tahun di kelas B2 sejumlah 15 peserta didik. Sedangkan objek dari penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu, Implementasi metode pembiasaan untuk membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu. Metode pengumpulan data dalam penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang dihasilkan selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat penulis temukan bahwa, seperti melalui pembiasaan berperilaku baik yaitu melalui kegiatan rutin/ pembiasaan yang di gunakan terjadwal, spontan/ pembiasaan tidak terjadwal, keteladanan dan pengondisian yaitu dalam bentuk kegiatan sehari-hari. Guru melakukan kegiatan pembiasaan dalam membentuk karakter anak mengacu pada peraturan pemerintah tentang standar Pendidikan anak usia dini, yang dibiasakan secara terus�menerus hingga terbentuklah kebiasaan yang baik pada anak. Dengan mengacu pada indikator perkembangan perilaku baik di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu sehingga dapat membentuk karakter anak dengan sangat baik sesuai aspek dan usia yang dapat terlihat melalui kegiatan sehari-hari disekolah. Hal ini dapat dilihat bahwa, metode pembiasaaan dipandang sangat efektif dalam membentuk karakter anak karena pembiasaan yang baik perlu di terapkan kepada anak iii sejak usia dini agar kelak bisa terbentuk suatu kebiasaan yang baik hingga pada masa remaja. Kata Kunci : Metode pembiasaan, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:31
Last Modified: 24 Jan 2023 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22848

Actions (login required)

View Item View Item