PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS III MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

SRI, AYU WANDIRA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS III MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI AYU WANDIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di MI Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik. Dikarenakan dalam pembelajaran pendidik sudah menggunakan media pembelajaran seperti media gambar dan scramble, akan tetapi masih banyak peserta didik yang minat belajarnya rendah. Oleh karena itu peneliti menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariatif seperti media pembelajaran videoscribe dengan tujuan penelitian menarik minat peserta didik, dan diharapkan peserta didik mampu memahami apa yang disampaikan oleh pendidik agar dapat mendorong keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Pada penelitian ini, yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. penelitian ini menggunakan jenis eksperimen Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu angket (kuisioner), dan teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Dalam uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Videoscribe dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas III MI al-Hikmah Bandar Lampung, analisis data dan pengujian hipotesis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang membuktikan dengan hasil pengujian hipotesis angket, bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00. nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe maka akan semakin tinggi pula minat belajar peserta didik. Kata kunci : Media Videoscribe, Minat Belajar iv ABSTRACT This research was conducted at MI Al-Hikmah Bandar Lampung. The research in this thesis is motivated by the lack of interest in learning students. Because in learning educators already use learning media such as picture media and scramble, but there are still many students who have low learning interest. Therefore researchers use more varied learning media such as videoscribe learning media with the aim of research to attract students' interest, and it is hoped that students are able to understand what is conveyed by educators so that they can encourage students' success in mastering the material and increasing students' learning interest. The research method is defined as a scientific way to obtain data with specific purposes and uses. In this study, quantitative research was used with the Quasi Experiment method. This study used the Posttest-Only Control Design experimental type. The data collection technique used was a questionnaire, and the sampling technique used was cluster sampling. In the instrument test using the validity test and reliability test while the analysis prerequisite test using the normality test and homogeneity test, then using the hypothesis test. The results showed that using Videoscribe learning media can increase students' learning interest in class III MI al-Hikmah Bandar Lampung Thematic learning, data analysis and hypothesis testing that has been described in the previous chapter which proves with the results of the questionnaire hypothesis testing, that the value of Sig. (2-tailed) of 0.00. Sig value. (2-tailed) is less than 0.05 (5%), which means that Ho is rejected and Ha is accepted. It can be interpreted that the higher the use of Videoscribe Learning Media, the higher the learning interest of students. Keywords : Media Videoscribe, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:40
Last Modified: 24 Jan 2023 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item View Item