PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA TAHUN AJARAN 2020/2021

MUHAMMAD, QOLBI JAUHARI (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA TAHUN AJARAN 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of QOLBI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I KALIANDA TAHUN AJARAN 2020/2021 Oleh Muhammad Qolbi Jauhari Disiplin belajar merupakan ketaatan/kepatuhan yang mengharuskan peserta didik mengikuti aturan yang berlaku di dalam belajar. Namun kenyataan yang terjadi di SMP Muhammadiyah I Kalianda terdapat peserta didik kelas VIII yang tidak mematuhi peraturan dalam belajar, seperti: mencontek, dating terlambat, mengobrol saat jam pelajaran di kelas, membolos, mengganggu teman saat belajar, dan tidak mengerjakan tugas. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran disiplin belajar peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan self management dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah I Kalianda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non�equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 16 peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah I Kalianda tahun pelajaran 2019/2020 yang memiliki disiplin belajar dalam kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket disiplin belajar, wawancara, observasi dan angket sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor disiplin belajar kelompok eksperimen sebelum mengikuti layanan konseling kelompok self management adalah 48,75 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok self management meningkat menjadi 83,86. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 58,75 dan pada saat posttest mendapatkan peningkatan menjadi 73,87 selain itu diperoleh t hitung menggunakan Paired Sample t test adalah (23.761) nilai ini > t tabel (1,727) dengan nilai Sig 0,00 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian disiplin belajar peserta didik dapat dikurangi setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Self iv Managemen. Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah I Kalianda tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Self Management Disiplin Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:35
Last Modified: 24 Jan 2023 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22836

Actions (login required)

View Item View Item