ANALISIS SIYASAH TANFIZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 4 TAHUN 2020 TENTANG ADMINISTRASI DAN PERSIDANGAN PIDANA SECARA ELEKTRONIK (Studi di Pengadilan Negeri Kalianda Kelas IB)

QORI, AMELIA (2023) ANALISIS SIYASAH TANFIZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 4 TAHUN 2020 TENTANG ADMINISTRASI DAN PERSIDANGAN PIDANA SECARA ELEKTRONIK (Studi di Pengadilan Negeri Kalianda Kelas IB). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI QORI AMELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hukum harus selalu ditegakkan apapun keadaan dan situasinya. Setiap manusia berhak mendapatkan keadilan. Setiap permasalahan yang bersinggungan dengan hukum, pada umumnya diselesaikan lewat jalur Peradilan. Mahkamah Agung sebagai puncak dari sistem peradilan Indonesia yang memiliki kewenangan untuk mengawasi aspek-aspek manajemen dan organisasi semua pengadilan tingkat pertama dan banding di seluruh Indonesia. Mahkamah Agung Republik Indonesia telah meluncurkan Layanan e-court yang melayani administrasi dan persidangan pidana secara elektronik bagi para pencari keadilan yang diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana pandangan siyasah tanfidziyah terhadap implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 dan apakah implementasi tentang adminstrasi dan persidangan pidana secara elektronik di Pengadilan Negeri Kalianda sudah sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan siyasah tanfidziyah terhadap implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 dan apakah implementasi tentang administrasi dan persidangan pidana secara elektronik di Pengadilan Negeri Kalianda sudah sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang datanya diperoleh langsung dari Pengadilan Negeri Kalianda. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui tahap editing dan sistematis data. Sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan berfikir deduktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah yang pertama, implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang administrasi dan persidangan pidana secara elektronik di Pengadilan Negeri Kalianda sudah efektif dan efisien namun masih terdapat kendala atau ham batan, dari hasil temuan peneliti koneksi internet yang tidak stabil merupakan hambatan utama. Pengenalan dan pembiasaan sistem e-court telah di upayakan tingkat pemanfaatannya oleh Pengadilan Negeri Kalianda. Kedua. Pandangan Siyasah Tanfidziyah terhadap Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Pidana Secara Elektronik dapat dilihat dari pendekatan Siyasah Tanfidziyah (Pelaksana Undang-Undang) yakni memberikan kemudahan pelayanan yang cepat, sederhana dan biaya yang ringan, Serta perlunya sosialisasi kepada masyarakat yang kurangnya memahami layanan administrasi dan persidangan pidana secara elektronik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:57
Last Modified: 20 Jan 2023 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22823

Actions (login required)

View Item View Item