Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi terhadap hasil belajar Pai di SMP PGRI 6 Bandar Lampung.

Rahmatika, Zahra (2017) Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi terhadap hasil belajar Pai di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (91MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) adalah kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati (mood), berempati serta kemampuan bekerja sama. Kecerdasan emosional seseorang sangat mempengaruhi pola pikirnya dalam bertindak.Sehingga berpengaruh pula adanya hubungan kecerdasan emosional dan motivasi dengan hasil belajar PAI siswa. Seseorang yang motivasinya besar akan menampakkan minat, perhatian, konsentrasi penuh,ketekunan tinggi sertaberorientasi pada prestasi tanpa mengenal perasaan bosan, jenuh, apalagi menyerah,begitu pula sebaliknya.Adapun tujuan dalam penelitian ini “(1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI di SMP PGRI 6 Bandar Lampung? (2) Adakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar PAI di SMP PGRI 6 Bandar Lampung?(3) Adakan pengaruh motivasi dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI di SMP PGRI 6 Bandar Lampung?”.Penelitian initermasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Dengan menggunakan teknik sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang terdiri dari 36 siswa, karena kelas ini mempunyai kecerdasan emosional dan motivasi belajar yang baik. Metode prngumpulan data menggunakan observasi,angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Kecerdasan emosional (EQ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PAI berdasarkan analisis diperoleh Fhitung = 4,49>Ftabel = 3,28 dengan taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 36. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadaphasil belajar PAI berdasarkan analisis diperoleh Fhitung = 5,39 >Ftabel = 3,28 dengan taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 36. (3)Kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi berdasarkan analisis secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PAI Fhitung =19,54 >Ftabel =3,28.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 17 Nov 2017 05:24
Last Modified: 17 Nov 2017 05:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item