PENGEMBANGAN BUKU DONGENG ELEKTRONIK UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III SD/MI

Yoki, Lorenza Ariska Putri (2023) PENGEMBANGAN BUKU DONGENG ELEKTRONIK UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Bahan ajar MIN 6 Bandar Lampung dan MIN 3 Bandar Lampung yang digunakan tidak memakai bahan ajar bergambar dan berwarna membuat siswa kurang tertarik untuk membaca, sedangkan siswa lebih tertarik dengan bacaan bergambar dan berwarna, akan tetapi MIN 6 Bandar Lampung dan MIN 3 Bandar Lampung masi memakai bahan ajar yang berwarna hitam putih untuk proses pembelajaran serta hal yang telah kita ketahui bahwa alat elektronik lebih menarik untuk di bawa kemana-mana dibandingkan buku siswa, karena lebih praktis dan dapat dijadikan bahan ajar mandiri karena di sekolahan tersebut belum ada bahan ajar mandiri dan bahan ajar berbentuk buku dongeng. Untuk itu perlunya mengetahui proses pengembangan buku dongeng elektronik dapat menumbuhkan minat membaca peserta didik, mengetahui respon validator dan peserta didik terhadap pemakaian buku dongeng elektronik, serta mengetahui efektivitas pemakaian buku dongeng elektronik dapat menumbuhkan minat membaca siswa kelas III SD/MI Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar buku dongeng elektronik sebagai bahan ajar untuk menumbuhkan minat membaca siswa kelas III SD/MI. Penelitian Ini merupakan jenis penelitian pengembangan ataun Reseacrch and Development (R&D) menurut model ADDIE. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Ditempuh validasi oleh ahli validator yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa untuk menentukan bahan ajar buku dongeng elektronik menarik untuk dikembangkan dan di pakai. Di lakukan penelitian skala besar dan skala kecil. Dimana skala kecil berjumlah 32 peserta didik dan skala besar sebanyak 56 peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian validasi ahli dapat di katakan sangat menarik. Validasi oleh ahli media 88%, ahli materi 88%, dan ahli bahasa 86%. Hasil angket peserta didik skala kecil memperoleh 93% dengan kriteria “sangat menarik” dan hasil angket peserta didik skala besar memperoleh 93% dengan kriteria “sangat menarik”. Pendidik iii pun melakukan penilaian pada bahan ajar buku dongeng elektronik dengan jumlah skor rata-rata 91% dengan kriteria “sangat menarik”.Efektifitas pemkaian buku dongeng elektronik tercatat tinggi dari nilai minat membaca pada saat tidak menggunakan buku dongeng elektronik dengan hasil nilai 62 kategori “sedang” dan setelah menggunakan buku dongeng elektronik memperoleh hasil 94 dengan kategori “tinggi”. Jadi, bahan ajar buku dongeng elektronik ini dikategorikan sangat menarik dan dapat dipakai untuk menumbuhkan minat membaca siswa terutama siswa kelas III SD/MI. Kata Kunci : Buku Dongeng Elektronik, Minat Membaca, Siswa Kelas III SD/MI iv ABSTRAK Material MIN 6 Bandar Lampung and MIN 3 Bandar Lampung who do not use pictorial and colorful teaching materials make students less interested in reading, while students are more interested in pictorial and colorful reading, however MIN 6 Bandar Lampung and MIN 3 Bandar Lampung are still using black and white teaching materials for the learning process as well as what we already know I that electronic devices are more interesting to carry everywhere than student books, because they are more practical and can be used as independent teaching materials and teaching material in the form of a fairy tale bppk. For this reason, it is necessary to know the process of developing electronic fairy tale books that can foster students reading interest, to know the response of validators and students to use of electronic fairy tale books, and to know the effectiveness of using electronic fairy tale books to foster reading interest in clas III SD/MI students. This study aims to produce teaching materials for electronic fairy tale books as teaching materials to foster reading interest in class III SD/MI students. This research is a type of research and development (R&D) according to the ADDIE model. The steps taken in this development research include Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Validation was carried out by validator experts, namely material experts, media experts, linguists to determine interesting electronic story book teaching materials to develop and use. Conducted large-scale and small-scale research. Where the small scale is 32 students and the large scale is 56 students. Based on the results of the expert validation assessment, it can be said that it is very interesting. Validation by media experts 88%, material experts 88%, and linguists 86%. The results of the small�scale student questionnaire obtained 93% with the "very interesting" criteria and the results of the large-scale student questionnaire obtained 93% with the "very interesting" criteria. Educators also assessed the teaching materials of electronic fairy tale books with an v average score of 91% with the criteria of "very interesting". ” and after using the electronic fairy tale book, the result was 94 in the “high” category. So, the teaching materials for electronic fairy tale books are categorized as very interesting and can be used to foster students' interest in reading, especially grade III SD/MI students. Keywords: Electronic Fairytale Books, Interest in Reading, Grade III SD/MI Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:08
Last Modified: 20 Jan 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22814

Actions (login required)

View Item View Item