UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG

Arya, Maulana Putra (2023) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  Arya Maulana Putra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arya Maulana Putra (1811010369) Jurusan Pendidikan Agama Islam, “Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di MTsN 1 Bandar Lampung”. Guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaan, mampu melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah, makhluk sosial, dan sebagai individu yang mampu berdiri sendiri. Selain itu guru juga hendaknya memiliki disiplin ilmu yang luas dan relevan dengan bidang keahliannya dan memiliki moral/budi pekerti yang luhur sebagai contoh bagi siswa serta professional dalam merencanakan dan melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran baik terhadap peserta didik maupun pengabdian terhadap masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis yang menekankan pada makna penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Untuk memperoleh keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi dari beberapa teknik di antaranya observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tujuan yaitu untuk mengetahui keadaan akhlak peserta didik, upaya pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru akidah akhlak serta faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MTsN 1 Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, keadaan akhlakul karimah peserta didik sudah cukup bagus namun masih ada beberapa yang melanggar peraturan atau tata tertib yang disepakati. Kedua, bahwa guru akidah akhlak menjalankan tugas dan upaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dalam penilitian ini adalah pembinaan akhlakul karimah peserta didik sudah terpenuhi walaupun belum sempurna baik dalam proses KBM di kelas maupun dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:07
Last Modified: 20 Jan 2023 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item View Item