PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI (Studi Terhadap Home Industri Kerupuk Jengkol Di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan)

DIANA, RANI (2023) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI (Studi Terhadap Home Industri Kerupuk Jengkol Di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of DIANA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perempuan dalam masyarakat adalah sebuah sumber daya manusia (SDM) yang memiliki potensi yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pembangunan di suatu masyarakat seperti dalam bidang ekonomi. Pemberdayaan perempuan dapat memberikan kesempatan kepada perempuan agar menjadi lebih berdaya, mandiri dan produktif. Pemberdayaan perempuan yang dilakukan di desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan ini dilakukan dengan pelatihan keterampilan para perempuan agar dapat mengolah jengkol menjadi sebuah olahan kerupuk jengkol yang memiliki nila jual yang lebih tinggi. Permasalahan yang diambil dari penelitian ini adalah bagaimana pemberdayaan ibu rumah tangga melalui home industry kerupuk jengkol di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan mengenai bagaimana tahapan pemberdayaan ibu rumah tangga melalui home industry kerupuk jengkol melalui keterampilan pengolahan pangan berbahan jengkol di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, wawancara, dan dokumentasi, dan analisis data Kualitatif. Penulis mengambil data sample dwngan menggunakan Total Sampling dengan menggunakan populasi 11 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan ibu rumah tangga melalui home industry kerupuk jengkol ini dapat dikatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari para ibu rumah tangga selain bekerja mereka juga dilatih dan diajarkan dalam membuatan kerupuk jengkol dan dari hasil mengikuti pelatihan yang dapat membuka peluang usaha dalam bidang home industri sehingga dapat membantu ekonomi keluarga, maka dengan itu kegiatan ini, dapat menggali kemampuan masyarakat khususnya ibu rumah tangga dengan memberikan penyadaran, pembinaan, dan pendampingan dalam pengembangan home industry dan membantu memandirikan masyarakat. Kata Kunci : Pemberdayaan Perempuan, Home Industry

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:31
Last Modified: 20 Jan 2023 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22806

Actions (login required)

View Item View Item