PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI KALIANDA LAMPUNG SELATAN

DELLA, RAHMAYANTI (2023) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1& 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pergaulan teman sebaya merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi hasil belajar. Peserta didik yang memiliki interaksi yang baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal dengan dengan teman sebaya. Apabila pergaulan peserta didik dengan teman sebaya mengarah hal postif seperti, belajar maka bisa menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik untuk lebih giat dalam belajarnya sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMK N 1 Kalianda Lampung Selatan. Sampel penelitian berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data untuk variabel pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar menggunakan angket. Sedangkan untuk variabel hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian pelajaran akuntansi dasar. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dinyatakan bahwa, ada pengaruh pergaruh antara pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,348, R Square sebesar 0,121, Fhitung = 2,413 > Ftabel =3,26 dengan taraf signifikansi 5%. Garis regresi dinyatakan dengan persamaan Y = 13.700 + 0,204 X1 + 0,708 X2+ e. Hal ini menunjukkan bahwa pergaulan teman sebaya yang positif akan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan diikuti motivasi belajar yang tinggi. Kata Kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar,Hasil Belajar. iii ABSTRAK Peer association is one of the factors that can affect learning outcomes. Students who have good interactions in the school environment and in their house neighbourhood with their peers. If the association of students with their peers leads to positive things such as learning, it can foster motivate students to be more active in learning so that they can obtain good learning outcomes. This study aimed to determine, the influence of peer association and learning motivation to student learning outcomes. This research was a quantitative study conducted at SMK N 1 Kalianda, South Lampung. The research sample was 38 students. Data collection techniques for variables peer association and learning motivation was by using a questionnaire. As for the learning outcomes variable, it was obtained from the daily test scores of the basic accounting lessons of the class. For instrument testing the researcher used the Validity and Reliability tests. As for the data analysis technique the researchet used multiple linear regression method with the t test and f test. As the results of the research that has been done, it is stated that, there is an influence between peer association and learning motivation on student learning outcomes, it is indicated by an R value of 0.348,R Square value of 0,121, Fcount = 2.413 > Ftable = 3.26 with a significance level of 5%. The regression line is expressed by the equation Y = 13,700 + 0.204 X1 + 0.708 X2+ e. It shows that positive peer association will improve student learning outcomes followed by high learning motivation. Keywords: Peer Association, Learning Motivation, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:42
Last Modified: 19 Jan 2023 08:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item