PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF MENGGUNAKAN STRATEGI HSR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PERSISTENSI PESERTA DIDIK

NURYANI, ALISAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF MENGGUNAKAN STRATEGI HSR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PERSISTENSI PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of repositori nuryani alisah(bab 1,5 dapus).pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Nuryani Alisah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan menalar merupakan proses berpikir untuk menyesuaikan berbagai informasi yang diperoleh mnegenai masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip logis untuk sampai pada kesimpulan berupa pengetahuan. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan penalaran matematis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Berdasarkan hasil pra survei yang dilakukan di Kelas VII MTs Darul Ulum Karang Sari diperoleh presentase sebesar 29% untuk peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM dan 71% peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM. Rendahnya penalaran matematis peserta didik disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru berkesan monoton dan kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan metode penelitian Quasy Eksperimetal Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Darul Ulum Karang Sari. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Generatif menggunakan strategi HSR dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pegambilan sampel dengan acak kelas. Pengambilan data yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis berupa soal uraian dan tes persistensi peserta didik (angket). Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh hipotesis pertama dengan hasil P – Value yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H_0A= ditolak, sedangkan hipotesis kedua dengan P – Value yaitu 0,917 > 0,05 sehingga H_0B= diterima, dan hipotesis ketiga dengan P – Value yaitu 0,089 > 0,05 sehingga H_0AB= diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Generatif menggunakan strategi HSR terhadap kemampuan penalaran matematis, (2) Tidak terdapat pengaruh persistensi peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Generatif menggunakan strategi HSR dan persistensi peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis. Kata Kunci: Generatif Menggunakan Strategi HSR, Persistensi dan Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:26
Last Modified: 19 Jan 2023 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22797

Actions (login required)

View Item View Item