PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

DESI, APRILIANTI (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dari permasalahan yang terdapat pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung yaitu perilaku prokrastinasi akademik, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik melalui konseling kelompok dengan teknik self management. Prokrastinasi akademik dapat ditunjukkan dengan penundaan untuk memulai maupun untuk menyelesaikan kerja pada tugas yang di hadapi, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan dari pada melakukan tugas yang harus dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Pre Eksperimental Design dalam bentuk One Group Pretest Postest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Proses pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan populasi yaitu peserta didik kelas XI sebanyak 100 dan sampel yang digunakan sebanyak 10 peserta didik kelas XI yang memiliki permasalahan perilaku prokrastinasi akademik. Peserta didik melakukan pretest atau sebelum diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik dan didapatkan nilai pretest dengan nilai rata-rata 62,9 (kategori sedang). Setelah diberikan perlakuan, maka dilakukan posttest dengan nilai rata-rata sebesar 40,5 (kategori rendah). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan rumus Uji Wilcoxon dan diketahui Asymp. Sig (2-tailed) dengan nilai 0,005 serta taraf signifikan 5%. Karena 0,005 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima. Sehingga dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Management, Prokrastinasi Akademik. iv ABSTRACT From the problems found in the eleventh grade students of SMA Negeri 8 Bandar Lampung, namely academic procrastination behavior, so an effort was needed to reduce academic procrastination behavior through group counseling with self-management techniques. Academic procrastination can be shown by delays in starting or completing work on the tasks that the students face, delays in doing assignments or in doing other activities that were more fun than doing the tasks that must be done. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling services using self�management techniques to reduce academic procrastination behavior of the Eleventh students of SMA Negeri 8 Bandar Lampung. The type of research used in this research was quantitative with Pre-Experimental Design in the form of One Group Pretest Posttest Design. Data collection techniques used were interviews and questionnaires. The sampling process used purposive sampling, with a population of 100 class XI students and the samples used were 10 class XI students who had academic procrastination behavior problems. Students carried out a pretest or before being given treatment in the form of group counseling with self-management techniques to reduce students' academic procrastination behavior and obtain a pretest score with an average score of 62.9 (moderate category). After being given treatment, a posttest was carried out with an average value of 40.5 (low category). In testing the hypothesis of this study was by using the Wilcoxon test formula and it was known that Asymp. Sig (2-tailed) with a value of 0.005 and a significant level of 5%. Because 0.005 <0.05 it could be concluded that ha was accepted. So from this study it could be stated that group counseling services with self-management techniques were effective in reducing academic procrastination behavior of class XI students at SMA Negeri 8 Bandar Lampung. . Keywords: Group counseling, Self Management, Academic procrastination

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:09
Last Modified: 19 Jan 2023 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22795

Actions (login required)

View Item View Item