PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP DAYA INGAT DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK

Rania, Pinki Anggita (2023) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP DAYA INGAT DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP DAYA INGAT DAN SELF�CONFIDENCE PESERTA DIDIK Oleh Rania Pinki Anggita Masih banyak siswa yang memiliki daya ingat dan rasa percaya diri yang rendah di SMAN 06 Bandar Lampung. Daya ingat yang kurang ini muncul karena sebagian besar siswa menganggap pelajaran biologi sebagai pelajaran rutin dengan materi yang banyak, sehingga perlu adanya perbaikan terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model yang efektif, salah satunya adalah model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain postest only control group. Sampel pada penelitian ini diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov�Smirnov untuk uji homogenitas menggunakan uji Levene‘s sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA Berdasarkan hasil analisis menyatakan penelitian menggunakan model Flipped Classroom dengan hasil uji MANOVA ) diketahui bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima dengan diperoleh tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Flipped Classroom berbantuan kahoot terhadap daya ingat dan self-confidence peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMAN 06 Bandar Lampung. Kata Kunci : Flipped Classroom, Kahoot, Daya Ingat, Self�Confidence iii ABSTRACT THE EFFECT OF THE KAHOOT ASSISTED FLIPPED CLASSROOM MODEL ON STUDENTS' MEMORY AND SELF�CONFIDENCE By Rania Pinki Anggita There are still many students who have low memory and self�confidence at SMAN 06 Bandar Lampung. This poor memory arises because most students perceive biology lessons as routine lessons with a lot of material, so there is a need for improvement. to the learning process by applying effective models, one of which is the flipped classroom learning model. This research is a quasi-experimental quantitative research with a posttest only control group design. The sample in this study was taken randomly using the cluster random sampling technique consisting. The data collection instrument used test and questionnaires. The normality test used is the Kolmogorov-Smirnov test for homogeneity testing using the Levene‘s test while the hypothesis test is using the MANOVA test. Based on the results of research using the Flipped Classroom model, it is known that H₀ is rejected and H₁ is accepted, with the results of the MANOVA test it is known that H₀ is rejected and H₁ is accepted with a significant level of 0.000 <0.05 so it can be concluded that there is an effect of the Flipped Classroom model. assisted by kahoot on students' memory and self-confidence in biology subjects at SMAN 06 Bandar Lampung. Keywords: Flipped Classroom, Kahoot, Memory, Self�Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:41
Last Modified: 19 Jan 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22783

Actions (login required)

View Item View Item