KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 WAY KANAN

THOHIRIN, JAYA (2023) KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1-2, RUJUKAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan demokratis kepala madrasah diartikan sebagai model atau gaya kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan orang yang mengarah kepada pencapaian tujuan. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Namun demikian, dalam pelaksanaannya masih belum terlaksana dengan baik. Ternyata permasalahannya yang ada yaitu kepemimpinan kepala madrasah dalam menumbuhkan dan memelihara iklim kerja yang kondusif bagi bawahan belum terlaksana. Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis mengangkat judul dalam skripsi ini melalui penelitian deduktif untuk memaparkan pelaksanaan kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Kepemimpinan demokratis Kepala madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh selama penelitian di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji iii keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan masih belum terlaksana dengan baik. Kepala madrasah mementuk tim strategi dalam penyusunan rencana strategi madrasah dalam mencapai sasaran organisasi, kepala madrasah menggunakan pendekatan kekeluargaan dan demokratis dalam menjalankan kepemimpinan, kepala madrasah berusaha penepatan kepentingan organisasi diatas kepentingan individu sesuai dengan jam kerja, kepala madrasah mengakui bawahan sebagai individu yang mempunyai jati diri yang khas dengan mengadakan pelatihan dan pendidikan, kepala madrasah terbuka dan menerima ide dan saran bawahan, kepala madrasah objektif dalam menilai perilaku dan prestasi kerja bawahan berdasarkan kinerja, dan kepala madrasah dalam menumbuhkan dan memelihara iklim kerja yang kondusif bagi bawahan belum terlaksana berkaitan dengan perasaan bawahan mengenai pelaksanaan tugas organisasi yang diemban dengan rasa tanggung jawab atas hasil yang dicapai, karena mereka terlibat di dalam proses yang sedang berjalan. Kata kunci : kepemimpinan demokratis, kepala madrasah. iv ABSTRACT The democratic leadership of the madrasa head is defined as a model or leadership style of the madrasa head that is appropriate to the situation in order to influence, direct, guide subordinates by strengthening confidence, support, encouragement and people who lead to achieving goals. The head of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan uses a democratic leadership style. However, in practice it has not been implemented properly. It turns out that the problem is that the leadership of the madrasa head in growing and maintaining a conducive work climate for subordinates has not been implemented. In this regard, the authors raise the title in this thesis through deductive research to describe the implementation of the leadership of the head of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan. The goal to be achieved in this writing is to find out the implementation of the democratic leadership of the Principal of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan. The research method used is descriptive qualitative method. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The data obtained during the research were analyzed by means of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. While testing the validity of the data is done by observation and triangulation. The triangulation used in this research is source triangulation. v The results of this study indicate that the implementation of the democratic leadership of the Principal of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Way Kanan has not been carried out properly. The madrasa head forms a strategic team in preparing the madrasa strategic plan in achieving organizational goals, the madrasa head uses a familial and democratic approach in carrying out leadership, the madrasa head tries to put organizational interests above individual interests according to working hours, the madrasa head recognizes subordinates as individuals who have identity which is typical by conducting training and education, the madrasah head is open and accepts ideas and suggestions from subordinates, the madrasah head is objective in assessing the behavior and work performance of subordinates based on performance, and the madrasa head is in growing and maintaining a conducive work climate for subordinates that has not been implemented in relation to the feelings of subordinates regarding the implementation of organizational tasks carried out with a sense of responsibility for the results achieved, because they are involved in the ongoing process. Keywords: democratic leadership, madrasa head.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:08
Last Modified: 19 Jan 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22778

Actions (login required)

View Item View Item