PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSSROOM BERBANTUAN APLIKASI WAKELET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF CONFIDENCE PADA PESERTA DIDIK

ABDIL, AZIZ SANJAYA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSSROOM BERBANTUAN APLIKASI WAKELET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF CONFIDENCE PADA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2&DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Abdil Aziz Sanjaya 1811050097.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi wakelet terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self confidence pada peserta didik. Model pembelajaran flipped classroom merupakan model pembelajaran dimana dalam proses pembelajaranya peserta didik mempelajari materi pelajaran di luar jam pembelajaran dan kegiatan pembelajaran di kelas berupa mengulas kembali materi secara singkat dan mengerjakan tugas serta membahas materi yang belum dipahami oleh peseta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi wakelet terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self confidence pada peserta didik, (2) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi wakelet terhadap kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik, (3) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi waeklet terhadap self confidence pada peserta didik. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP Al Huda Jatiagung. Pemilihan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif dan angket self confidence. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of Varians dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini memperoleh nilai sebesar 0.000 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi wakelet terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self confidence pada peserta didik. Berdasarkan dari semua perhitungan dapat dikatakn bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi wakelet berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self confidence pada peserta didik. Kata kunci: Flipped classroom, wakelet, berpikir kreatif, self confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:21
Last Modified: 19 Jan 2023 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22772

Actions (login required)

View Item View Item