EKSPERIMENTASI E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

WAHYU, ROHMAN (2023) EKSPERIMENTASI E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2&DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WAHYU ROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika adalah mata pelajaran yang mengharuskan peserta didik untuk lebih percaya diri serta memahami materi dari suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model e-learning berbasis google classroom dengan pendekatan discovery learning dibandingkan metode ekspositori dalam meningkatkan disposisi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada SMA kelas 11 dan memiliki populasi sebanyak 168 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian dilakukan pada kelas 11 IPA 4 dan IPA 5 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Penelitian ini menggunakan uji manova. Hasil dari olah data didapat bahwa p�value kurang dari 0,05 sehingga H0A dan H0B ditolak. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan antara model e-learning berbasis google classroom dengan pendekatan discovery learning dibandingkan metode ekspositori dalam meningkatkan disposisi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Pemahaman Konsep, Google Classroom, Discovery Learning. Abstract Mathematics is a subject that requires students to be more confident and understand the material of a problem. This study aims to determine the differences in the google classroom-based e-learning model with the discovery learning approach compared to the expository method in improving mathematical disposition and ability to understand mathematical concepts. The design used in this study is a quasi-experimental design, namely the experimental class and the control class. This research was conducted at grade 11 high school and had a population of 168 students. Sampling using cluster random sampling technique. The research was conducted in class 11 IPA 4 and IPA 5 as a control and experimental class. The instruments used were tests and questionnaires. This study uses the manova test. The results of data processing show that the p-value is less than 0.05 so that H0A and H0B are rejected. In conclusion, there is a significant difference between the e-learning model based on Google Classroom and the discovery learning approach compared to the expository method in improving mathematical disposition and ability to understand mathematical concepts. Keywords : Mathematical Disposition, Concept Understanding, Google Classroom, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:14
Last Modified: 19 Jan 2023 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22771

Actions (login required)

View Item View Item