PENGARUH MUTU PELAYANAN DAN MUTU PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENABUNG (Studi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kcp Liwa Lampung Barat)

Dicky, Adikia Putra (2023) PENGARUH MUTU PELAYANAN DAN MUTU PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENABUNG (Studi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kcp Liwa Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DICKY ADIKIA PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan dalam bisnis perbankan yang semakin ketat mendorong para pelaku bisnis menciptakan produk-produk dan menyediakan pelayanan sebaikmungkin agar supaya menarik minat dan menciptakan kepuasan Nasabah dalam menabung di suatu lembaga tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan nasabah menabung pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kcp Liwa Lampung Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian lapangan (Field Research) sedangkan sifat penelitian bersifat kuantitatif yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah cabang Liwa Lampung Barat yang berjumlah 685 nasabah. Ukuran pengambilan sampel yang saya gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus dari Slovin berjumlah 87 nasabah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji instrument dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakn uji normalitas dan suji multikolineritas. Analisis data menggunkan uji regresi berganda, ujit, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil hipotesis yang telah diajukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1 ) Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk memiliki nilai t-statistik (6,324) > t-tabel (1,663) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian maka terdapat pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kcp Liwa Lampung Barat; 2) Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki nilai t-statistik (0,543) > t-tabel (1,663) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian maka terdapat pengaruh mutu produk atas kepuasan nasabah dalam menabung pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kcp Liwa Lampung Barat. Kata Kunci: Produk, Pelayanan, dan Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:44
Last Modified: 19 Jan 2023 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22768

Actions (login required)

View Item View Item