PENERAPAN LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG

ANDINI, SULISTIYOWATI (2023) PENERAPAN LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan layanan dasar bimbingan dan konselig dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di SMP Negeri 23 Bandar Lampung. Guna untuk mengetahui bagaimana gambaran kejenuhan belajar peserta didik dan penerapan layanan dasar bimbingan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpuln data dalam penelitian ini meggunakan dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan guru BK terkait dengan gambaran kejenuhan belajar dan penerapan layanan dasar bimbingan dan konseling sedangkan data sekunder diperoleh dari RPL dan media berupa foto. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran kejenuhan belajar yang terjadi pada peserta didik di SMP Negeri 23 Bandar Lampung terdapat beberapa macam antara lain yaitu kemampuan mengendalikan emosi, ketakutan tidak berdasar, mudah sakit, mengalami mual saat pembelajaran, mengalami gangguan makan, kehilangan harapan dan makna hidup, perasaan tidak berdaya, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, tidak dapat mengerjakan tugas yang kompleks, kehilangan semangat belajar, kehilangan idealisme dalam belajar, serta merasakan kekecewaan. Kemudian dalam penerapan layanana dasar bimbingan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar tidak terdapat kendala yang berarti karena peserta didik merasa enjoy dan senang dan juga menggunakan banyk media dalam penyampaian materinya. Kata Kunci: Layanan Dasar Bimbingan Konseling, Kejenuhan Belajar iii ABSTRACT This study aims to describe how the implementation of basic guidance and counseling services in overcoming student learning saturation at SMP Negeri 23 Bandar Lampung. In order to find out how the description of student learning saturation and the application of basic guidance and counseling services in overcoming student learning saturation. This research method uses qualitative research methods, the type of research in this study is descriptive. Collecting data in this study using two sources, namely primary data and secondary data. Primary data was obtained from interviews with BK teachers related to the description of learning saturation and the application of basic guidance and counseling services while secondary data was obtained from RPL and media in the form of photos. The results showed that the picture of learning saturation that occurred in students at SMP Negeri 23 Bandar Lampung there were several kinds, including the ability to control emotions, unfounded fears, get sick easily, experience nausea while learning, experience eating disorders, lose hope and meaning in life, feelings of helplessness, inability to concentrate, unable to perform complex tasks, loss of enthusiasm for learning, loss of idealism in learning, and feelings of disappointment. Then in the application of basic counseling and guidance services in overcoming learning boredom there are no significant obstacles because students feel enjoy and happy and also use a lot of media in delivering the material. Keywords: Basic Counseling Guidance Services, Learning Saturation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:21
Last Modified: 19 Jan 2023 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22763

Actions (login required)

View Item View Item