HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE (KEPERCAYAAN DIRI) DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRISTIS MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA KECERDASAN NUMERIK SISWA

ANNISA, Aryadi (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE (KEPERCAYAAN DIRI) DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRISTIS MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA KECERDASAN NUMERIK SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (843kB)
[thumbnail of Skripsi Annisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika dan tekanan untuk menyelesaikan dalam pembelajaran matematika membuat siswa lebih condong menggunakan rumus-rumus praktis. Hal ini dapat membuat kemampuan yang sudah dimiliki siswa menjadi terabaikan. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan dan sikap yang bertanggung jawab dalam memecahkan masalah dalam matematika. Adanya kemampuan berpikir kritis akan memudahkan siswa dalam memecahkan dan menemukan cara terbaik untuk memecahkan masalah, mengetahui kemampuannya dengan menyadari segala sesuatu yang tidak diketahui, dan berkomunikasi dengan baik dalam mengungkapkan pikiran secara rinci dan sistematis serta informatif. Namun ada faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan numerik dan kemampuan berpikir kritis siswa, yaitu tingkat kepercayaan diri, ketahanan matematis, dan lain-lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung dan tidak langsung antara kepercayaan diri dan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis serta melihat dampaknya terhadap kecerdasan numerik siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Seputih Agung dengan menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu stratified random sampling. Angket dan tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data yaitu angket kepercayaan diri, resiliensi matematis, tes kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan numerik. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analisys). Hasil dalam penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan langsung antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis, (2) terdapat hubungan langsung antara resiliensi matematis dengan kemampuan berpikir kritis, (3) terdapat hubungan langsung antara kepercayaan diri. percaya diri dan kecerdasan numerik siswa, (4) ada hubungan langsung antara resiliensi matematis dengan kecerdasan numerik, (5) ada hubungan langsung antara kemampuan berpikir kritis dengan kecerdasan numerik, (6) ada hubungan tidak langsung antara kepercayaan diri dan kecerdasan numerik melalui kemampuan berpikir kritis, (7) terdapat hubungan tidak langsung antara ketahanan matematis dengan kecerdasan numerik melalui kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Self Confidence, Resiliensi Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis, Kecerdasan Numerik. iii ABSTRACT Students' difficulties in understanding mathematical material and pressure to complete in learning mathematics make students more inclined to use practical formulas. This can make the abilities that students already have neglected. Therefore, they must have the ability and a responsible attitude in solving problems in mathematics. The existence of critical thinking skills will make it easier for students to solve and find the best way to solve problems, know their abilities by being aware of everything that is not known, and communicate well in expressing thoughts in detail and systematically and informatively. However, there are factors that can affect students' numerical intelligence and critical thinking skills, namely the level of self-confidence, mathematical resilience, and others. Therefore, this study aims to determine the direct and indirect relationship between self-confidence and mathematical resilience on critical thinking skills and see the impact on students' numerical intelligence. The research method used in this research is ex-post facto with a quantitative approach. The population in this study were all students of class XI SMAN 1 Seputih Agung using a sampling technique, namely stratified random sampling. Questionnaires and tests were used as data collection techniques, namely self-confidence questionnaires, mathematical resilience, tests of critical thinking skills and numerical intelligence. The hypothesis test used in this study is path analysis. The results in this study are (1) there is a direct relationship between self-confidence and critical thinking ability, (2) there is a direct relationship between mathematical resilience and critical thinking ability, (3) there is a direct relationship between self-confidence. students' self-confidence and numerical intelligence, (4) there is a direct relationship between mathematical resilience and numerical intelligence, (5) there is a direct relationship between critical thinking skills and numerical intelligence, (6) there is an indirect relationship between self-confidence and numerical intelligence through thinking skills critical thinking, (7) there is an indirect relationship between mathematical resilience and numerical intelligence through critical thinking skills. Keywords: Self Confidence, Mathematical Resilience, Critical Thinking Ability, Numerical Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:52
Last Modified: 18 Jan 2023 08:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22759

Actions (login required)

View Item View Item