PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS - ORIENTED GUIDED - INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

ALAN, SAPUTRA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS - ORIENTED GUIDED - INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ALAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Berpikir kritis dan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung menunjukkan bahwa terdapat siswa yang tidak mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dikelas, kurangnya tuntutan siswa dalam menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari, dan motivasi belajar siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung dengan jumlah populasi 307 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Process-Oriented Guided�Inquiry Learning (POGIL) dan kelas VII.9 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Manova dua arah (Two way manova). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Process�Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Penalaran Matematis, Model POGIL, dan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:40
Last Modified: 18 Jan 2023 08:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22757

Actions (login required)

View Item View Item