ANALISIS PENALARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 PRINGSEWU

SITI, NUR WIDAYAH (2023) ANALISIS PENALARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penalaran matematis merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menarik suatu kesimpulan yang baru berdasarkan pernyataan yang telah dibuktikan kebenarannya melalui suatu proses, langkah-langkah dan aktivitas berpikir yang logis dan analitis. Kemandirian belajar merupakan sikap yang harus dilakukan oleh siswa dalam belajar secara mandiri, memiliki inisiatif dan semangat untuk belajar dan tidak bergantung pada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penalaran matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa kelas XI MAN 1 Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan pedoman wawancara, tes penalaran matematis, angket kemandirian belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini, peneliti melakukan pengamatan secara seksama dan teknik triangulasi. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 9 orang siswa dari kelas XI MIA di MAN 1 Pringsewu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu termasuk dalam kategori sedang. Siswa yang memiliki penalaran matematis tinggi tidak sepenuhnya menguasai indikator penalaran matematis, rata-rata hanya mampu menguasai tiga indikator dari empat indikator kemampuan penalaran matematis dengan maksimal menguasai empat indikator kemandirian belajar. Siswa dengan penalaran sedang, rata-rata hanya menguasai dua indikator penalaran matematis dengan maksimal menguasai tiga indikator kemandirian belajar. Siswa dengan penalaran matematis rendah rata-rata hanya menguasai satu indikator dari empat indikator penalaran matematis dengan maksimal menguasai tiga indikator kemandirian belajar. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:30
Last Modified: 18 Jan 2023 08:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22756

Actions (login required)

View Item View Item