PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI PESERTADIDIK KORBAN BULLYING VERBAL KELAS VIII SMP N 2 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN

RIMA, PERTIWI (2023) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI PESERTADIDIK KORBAN BULLYING VERBAL KELAS VIII SMP N 2 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RIMA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Teknik Self-Talk Untuk Meningkatkan Harga Diri Peserta Didik Korban Bullying Verbal Kelas VIII SMP N 2 Candipuro Lampung Selatan. Teori bullying yang peneliti gunakan yaitu menurut Coloroso pada korban bullying akan timbul perasaan depresi dan marah. Mereka marah terhadap diri sendiri, pelaku bullying, orang dewasa dan orang-orang disekitarnya karena tidak dapat atau tidak mau menolongnya. Hal tersebut kemudian akan mempengaruhi prestasi akademik para korbannya. Menurut Corey, teknik self-talk yaitu teknik yang dapat digunakan untuk menangani masalah-masalah seperti perfeksionisme, kekhawatiran, self-esteem dan pengelolaan amarah. Teknik ini juga dapat digunakan dengan klien-klien yang perlu mengembangkan motivasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi ke SMP N 2 Candipuro, wawancara dilakukan dengan guru Bimbingan dan Konseling dan Peserta didik yang menjadi korban bullying dan dokumentasi buku kasus. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik Kelas VIII SMP N 2 Candipuro Lampung Selatan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Gambaran perilaku bullying verbal pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Candipuro Lampung Selatan peneliti mendapatkan gambaran yang terjadi di sekolah tersebut yaitu bullying verbal. Seperti saling menghina antar peserta didik, mengejek sesama teman secara berulang-ulang sehingga membuat korban tidak nyaman bahkan sampai ada kasus yang menimbulkan perkelahian dan ada yang membuat korban sering tidak masuk sekolah karena dibully berulang kali. Dalam proses pelaksanaan layanan konseling individu guru Bimbingan dan Konseling di SMP N 2 Candipuro yang telah melakukan layanan konseling individu dengan teknik self-talk sudah sesuai dengan teori iv yang digunakan, dengan demikian layanan konseling individu dengan teknik self-talk dapat mengatasi dampak perilaku bullying verbal di SMP N 2 Candipuro. Evaluasi hasil pelaksanaan konseling individu menemukan hasil dimana perilaku yang sebelumnya berubah menjadi pendiam sekarang sudah bisa berbaur dengan teman lainnya dan yang beberapakali sempat tidak masuk sekolah tanpa keterangan sekarang kembali menjadi peserta didik yang mematuhi peraturan sekolah dimana harus ada keterangan ketika tidak bisa mengikuti kegiatan sekolah seperti biasa. Kata Kunci : Bullying, Harga Diri, Konseling Individu, Teknik Self�Talk v ABSTRACT This study entitled Implementation of Individual Counseling Using Self-Talk Techniques to Increase the Self-Esteem of Students Victims of Verbal Bullying Grade VIII SMP N 2 Candipuro South Lampung. The bullying theory that researchers use is according to Coloroso, the victims of bullying will feel depressed and angry. They are angry with themselves, the bully, adults and the people around them for not being able or unwilling to help them. This will then affect the academic achievement of the victims. According to Corey, self-talk techniques are techniques that can be used to deal with problems such as perfectionism, worry, self-esteem and anger management. This technique can also be used with clients who need to develop motivation. This study uses a descriptive qualitative research method. The data collection technique used in this study was by observation at SMP N 2 Candipuro, interviews were conducted with Guidance and Counseling teachers and students who were victims of bullying and case book documentation. The research subjects in this study were 3 Class VIII students at SMP N 2 Candipuro, South Lampung. To test the validity of the data, researchers used data source triangulation techniques. The results of this study indicate that: The description of verbal bullying behavior in class VIII students of SMP N 2 Candipuro, South Lampung, the researcher gets a picture of what happened in that school, namely verbal bullying. Such as insulting each other between students, repeatedly mocking each other so that it makes the victim uncomfortable and there are even cases where there are fights and there are cases where the victim often does not go to school because he is bullied repeatedly. In the process of implementing individual counseling services for Guidance and Counseling teachers at SMP N 2 Candipuro who have provided individual counseling services with self-talk techniques, they are in accordance with the theory used, thus individual counseling services with self-talk vi techniques can overcome the impact of verbal bullying behavior in SMP N 2 Candipuro. Evaluation of the results of the implementation of individual counseling found results where the behavior that had previously turned quiet was now able to mingle with other friends and those who had missed school several times without explanation now returned to being students who comply with school regulations where there must be information when unable to participate in school activities such as normal. Keywords: Bullying, Counseling Individual, Self-Esteem, Self-Talk Technique

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:53
Last Modified: 18 Jan 2023 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item View Item