PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII IPA DI SMA N 1 PURBOLINGGO KECAMATAN LAMPUNG TIMUR

ROSELLA, MELY WIYANDRI (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII IPA DI SMA N 1 PURBOLINGGO KECAMATAN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ROSELLA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bagi siswa perencanaan karir merupakan suatu masalah yang sering ditemui, perencanaan karir bagi siswa merupakan hal yang penting bagi masa depan peserta didik baik untuk kelanjutan karir ke perguruan tinggi maupun untuk memasuki dunia kerja. Peran guru BK sangat diperlukan bagi peserta didik dalam mengambil keputusan karirnya, banyak peserta didik yang kurang memiliki informasi tentang kelanjutan karirnya sehingga menimbulkan masalah bagi peserta didik itu sendiri oleh karenan itu peran guru BK sangat diperlukan untuk membantu peserta didik dalam mengambil keputusa karirnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpuan data yang digunakan dala penelitian ini dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang diguakan menurut Ginzberg dalam buku Munandir perencanaan karir merupakan proses pengembangaan keputusan yang dapat berlangsung sepanjang hayat bagi setiap individu yang mencari banyak kepuasan dari pekerjaannya. Halini mngharuskan individu tersebut terus melakukan penilaian kembali secara berulang-ulang, dengan tujuan agar dapat lebih mencocokkan tujuan-tujuan karir yang terus beruba-ubah dengan kenyataan yang dihadapi di dunia kerja. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu perencanaan karir peserta didik kelas XII IPA adalah dengan memberikan layanan berupa layanan bimbingan klasikal yang dilakukan secara rutin dan bertahapa oleh guru bimbingan dan konseling. Terkait program yang telah dibuat guru BK yaitu guru BK telah membuat rincian dari persiapan hingga tindak lanjut pengembangan. Pada tahap perispan guru bimbingan dan konseing menganalisi terlebih dahulu kebutuhan program apa saja bagi peserta didik, setelah analisi dilakukan selanjutnya guru BK menyusun program tersebut yang selanjutnya akan di konsultasikan kepada kepala sekolah, setelah program disetujui guru BK menyiapkan saranan yang dibutuhkan . Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Perencanaan Karir iv ABSTRACT For students career planning is a problem that is often encountered, career planning for students is important for the future of students both for continuing their careers to tertiary institutions and for entering the world of work. The role of the BK teacher is very necessary for students in making career decisions, many students lack information about continuing their careers, causing problems for the students themselves, therefore the role of the BK teacher is very much needed to help students in making career decisions. This research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this study by conducting interviews, observation, and documentation. The theory used according to Ginzberg in Munandir's book Career planning is a process of developing decisions that can last a lifetime for every individual who seeks a lot of satisfaction from his job. This requires the individual to continue to reassess it repeatedly, with the aim of being able to better match the changing career goals with the realities faced in the world of work. The results of this study indicate that the role of the guidance and counseling teacher in assisting the career planning of class XII IPA students is to provide services in the form of classical guidance services which are carried out routinely and in stages by the guidance and counseling teacher. Regarding the program that has been made by the counseling teacher, namely the counseling teacher has made details from preparation to follow-up development. At the preparation stage, the guidance and counseling teacher first analyzes the program needs for students, after the analysis is carried out, the counseling teacher prepares the program, which will then be consulted with the school principal, after the program is approved, the counseling teacher prepares the necessary suggestions. Keywords: The Role of Guidance and Counseling Teachers, Career Planning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:43
Last Modified: 18 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22752

Actions (login required)

View Item View Item