ANALISIS PENERAPAN FATWA No.23/DSN-MUI/III/2002 TENTANG POTONGAN PELUNASAN DALAM MURABAHAH PADA PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SEBELUM JATUH TEMPO (Studi di Bank Syari’ah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung)

Amira, Inastia (2023) ANALISIS PENERAPAN FATWA No.23/DSN-MUI/III/2002 TENTANG POTONGAN PELUNASAN DALAM MURABAHAH PADA PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SEBELUM JATUH TEMPO (Studi di Bank Syari’ah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah ada beberapa nasabah yang mengunakan KPR dengan pinjaman Plafon yang sama, mengajukan permohonan pelunasan sebelum jatuh tempo dan juga mengajukan Potongan , tetapi yang dikabulkan antara Satu dengan yang lain tidak sama di Bank Syari’ah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung pada 2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana penerapan Potongan pelunasan pembiayaan KPR sebelum jatuh tempo di Bank Syari’ah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung, 2)Bagaimana penerapan Potongan di BSI Bandar Lampung sudah sesuai atau belum dengan fatwa DSN MUI No.23/DSN-MUI/III/2002.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sistem Potongan pelunasan pembiayaan KPR sebelum jatuh tempo pada Bank Syari’ah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung, dan Untuk mengetahui bagaimana sistem Potongan dalam akad Murabahah di BSI Bandar Lampung sesaui atau tidak dengan fatwa DSN MUI No.23/DSN-MUI/III/2002. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, dan dokumentasi. Analisa dalam pembahasan ini adalah analisis deskriptif analitik dengan menggunakan penalaran induktif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan Nasabah yang melakukan plafon bersamaan tetapi mendapatkan Potongan atau Potongan yang berbeda, karena Sistem Potongan pelunasan KPR sebelum jatuh tempo di Bank Syari’ah KCP Kedaton yaitu diserahkan pada kebijakan dan pertimbangan Lembaga Keuangan Syari’ah. Hal itu tergantung dengan riwayat atau data nasabah yang masuk dalam BI checking dan Kesesuaian sistem Potongan dalam akad Murabahah di BSI Bandar Lampung dengan fatwa DSN MUI No.23/DSN�MUI/III/2002 dalam transaksi Murabahah sudah sesuai, hanya saja masih belum jelasnya sistem pelunasan dari karyawan ke Nasabahnya. Kata Kunci :Sistem Pelunasan Pembiayaan KPR, Murabahah, Potongan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:33
Last Modified: 18 Jan 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22751

Actions (login required)

View Item View Item