MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH PONDOK PESANTREN SEBAGAI SARANA PEMBINAAN AKHLAK ANAK ( S T U D I K A S U S D I D E S A P E L I T A J A Y A K E C A M A T A N BELITANG MADANG RAYA KABUPATEN OKU TIMUR)

Meri, Tri Riyanti (2023) MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH PONDOK PESANTREN SEBAGAI SARANA PEMBINAAN AKHLAK ANAK ( S T U D I K A S U S D I D E S A P E L I T A J A Y A K E C A M A T A N BELITANG MADANG RAYA KABUPATEN OKU TIMUR). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Meri Tri Riyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anak dilahirkan dengan keadaan fisik yang lemah serta tidak mempunyai pengetahuan apapun. Oleh sebab itu orang tualah yang dapat memberikan pendidikan pertama dan menjadi guru pertama bagi anaknya. Motivasi ini berawal dari orang tua memilih pondok pesantren sebagai sarana pembinaan akhlak anak. Dalam memilih pondok orang tua memiliki pertimbangan seperti harapan, keinginan, dan keyakinan orang tua untuk tumbuh kembangnya anak mendapat pendidikan yang seimbang sehingga tidak hanya pendidikan umum namun juga pendidikan agama agar menjadi manusia yang berakhlak mulia serta memiliki perubahan yang lebih baik khususnya di bidang pendidikan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi orang tua memilih pondok pesantren sebagai sarana pembinaan akhlak anak. Pondok pesantren merupakan salah satu bentuk dari pendidikan pembinaan akhlak. Oleh karena itu, sebagian orang tua melirik pondok pesantren untuk pendidikan anaknya. Hal ini juga yang peneliti temukan dilapangan tepatnya di desa Pelita Jaya, Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi pemikiran orang secara individual maupun kelompok atau mengangkat data yang ada dilapangan dengan mengggunakan metode kuesioner, wawancara untuk perkuat angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil motivasi orang tua memilih pondok pesantren sebagai sarana pembinaan akhlak (studi kasus di desa Pelita Jaya, Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur) dikategorikan ―motivasi kuat‖ hal ini terlihat dari persentase akhir yaitu 86,89 % karena terletak pada interval 67-100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam memilih pondok orang tua memiliki pertimbangan seperti harapan, keinginan, dan keyakinan orang tua untuk tumbuh kembangnya anak mendapat pendidikan yang terbaik. Oleh karena itu, orang tua memilih pendidikan pondok pesantren karena merupakan salah satu wadah yang dinilai tepat untuk mempelajari pendidikan agama terutama pendidikan akhlak. Kata Kunci: Motivasi, Pondok Pesantren, Pembinaan Akhlak ABSTRACT Children are born with a weak physical condition and do not have any knowledge. Therefore, it is parents who can provide the first education and become the first teacher for their children. This motivation originates from parents choosing Islamic boarding schools as a means of fostering children's morals. In choosing a boarding house, parents have considerations such as the hopes, wishes, and beliefs of parents for the growth and development of children to receive a balanced education so that not only general education but also religious education so that they become human beings with noble character and have better changes, especially in the field of religious education. . This study aims to find out how the motivation of parents to choose Islamic boarding schools as a means of fostering children's morals. Islamic boarding schools are a form of moral development education. Therefore, some parents look at Islamic boarding schools for their children's education. This is also what the researchers found in the field, to be precise in the village of Pelita Jaya, Belitang Madang Raya District, OKU Timur Regency. The type of research used is descriptive qualitative. Qualitative research is research aimed at describing and analyzing phenomena, events, social activities, attitudes, beliefs, perceptions of people's thinking individually or in groups or collecting existing data in the field using the questionnaire method, interviews to strengthen the questionnaire, and documentation. The research results obtained from the results of parents' motivation to choose Islamic boarding schools as a means of fostering morals (a case study in Pelita Jaya village, Belitang Madang Raya District, OKU Timur Regency) are categorized as "strong motivation" this can be seen from the final percentage of 86,89% because it is located at intervals of 67-100%. So it can be concluded that in choosing a boarding house parents have considerations such as the hopes, desires, and beliefs of parents for the growth and development of children to get the best education. Therefore, parents choose Islamic boarding school education because it is one of the places that is considered appropriate for studying religious education, especially moral education. Keywords: Motivation, Islamic Boarding Schools, Moral Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:42
Last Modified: 18 Jan 2023 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22740

Actions (login required)

View Item View Item