TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI POHON JATI MASIH DI LAHAN (Studi di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara)

SEPRYAN, ILHAM AKBAR (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI POHON JATI MASIH DI LAHAN (Studi di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ra modern ini perkembangan ekonomi semakin pesat dalam bidang jual beli bahan baku khusus nya jual beli kayu jati, agar tidak terjadi perselisihan antara penjual dan pembeli Islam memberikan hak khiyar (hak memilih untuk membatalkan atau meneruskan akad). Ketentuan khiyar tersebut berbeda dengan praktek jual beli kayu jati masih di lahan di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara di mana pembeli menemukan adanya cacat di dalam kayu jati masih di lahan tersebut. Dengan ditemukannya cacat tersebut pembeli tidak mempunyai hak untuk mengembalikannya dan juga tidak mendapatkan ganti rugi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana pelaksanaan jual beli kayu jati masih di lahan di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli kayu jati masih di lahan di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara. Penulisan skripsi ini memiliki dua tujuan utama yaitu: pertama, untuk mengetahui Pelaksanaan jual beli pohon jati masih di lahan di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara. Kedua, mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli pohon jati masih di lahan di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara. Jenis penelitian iyang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi sesuai dengan keadaan asli pada lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh melalui metode wawancara dan sekunder diambil dari rujukan kepustakaan berupa bukubuku, hasil penelitian berukpa jurnal, skripsi dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai cacat tersembunyi dalam jual beli kayu (studi kasus jual beli kayu jati masih di lahan di Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara) menyatakan bahwa praktek jual beli yang dilakukan oleh para penjual dan pembeli kayu jati masih di lahan di Desa iii Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara. Telah memenuhi syarat dan rukun yang telah ditentukan syara‟. Setelah dianalisis secara mendalam penulis menyimpulkan bahwa penjual dan pembeli sama-sama tidak mengetahui adanya cacat dalam kayu jati masih di lahan tersebut dan cacat yang terjadi pada pohon jati tersebut murni akibat pertumbuhan pohon jati yang yang tidak sempurna, Sehingga praktek jual beli kayu jati masih di lahan ini termasuk jual beli yang diperbolehkan syara‟ dan hal ini pula sudah menjadi adat kebiasaan Desa Cahaya Mas Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara para pembeli tidak mengembalikan kayu tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:56
Last Modified: 17 Jan 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22728

Actions (login required)

View Item View Item