PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS ANDROID UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TINGKAT SMP

SELLA, PRATAMI (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS ANDROID UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TINGKAT SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SELLA PRATAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul skripsi imi dengan latar belakang masalah pada miskonsepsi siswa materi system peredaran darah. Untuk mendeteksi miskonsepsi siswa maka penelitian menggunakan aplikasi four tier mulyiple choice test berbasis android untuk mengdianogsis miskonsepsi peserta didik kelas VIII tingkat SMP pada materi system peredaran darah .jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Devloment (R&D).dengan menggunakan model pengembangan plomp yang terdiri dari 3 tahapan, yakni preliminary research, development or prototyping phase, and assesmen phase. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tulang Bawang Barat yang terdiri 2 kelas yaitu VIII A dan VIII berjumlah 60 peserta didik. sample yang di ambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling . Instrumen analisis data yang digunakan pada penelitian berupa soal four tier multiple choice test dan angket penilaian terhadap produk. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dar beberapa ahli validasi yakni ahli media,ahli bahasa, ahli materi,ahli soal,bahwa produk dinilai sangat layak ,serta diperoleh respons positif dari pendidik dan peserta didik terhadap penilaian produk .Maka dapat disimpulkan bahwa instrument four tier multiple choice berbasis android untuk mendiagnogsis miskonspsi peserta didik kelas VIII layak untuk digunakan sebagai evalusasi pembelajaran, Berdasarkan hasil penelitain dilihat dari hasil analisis, pemahaman konsep peserta didik menunjukkan sebagian besar pertanyaan, miskonsepsi adalah dengan persentase 33% yang menggunakan kesalahpahaman. pada masalah ini, menganalisis data peserta didik membuat sebagian besar jawaban dalam memecahkan masalah. Kemudian persentase yang paling tidak memahami konsep presentase 73% yang tidak memahami konsep dalam pertanyaan ini, hal ini dikarenakan masih ada peserta didik yang tidak paham konsep tentang peredaran darah. Kata Kunci : Aplikasi Four Tier Multiple Choice Test, Miskonsepsi, Biologi iii ABSTRACT The author takes the title of this thesis with a background problem in students' misconceptions about the circulatory system. To detect students' misconceptions, the study used the Android-based four-tier multiple choice test application to diagnose misconceptions in class VIII junior high school students on the circulatory system material. This type of research is Research and Development (R&D) research. Using the plomp development model which consists of 3 stages, namely preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. The research population was all students of class VIII SMPN 4 Tulang Bawang Barat consisting of 2 classes, namely VIII A and VIII, totaling 60 students. samples taken at random using simple random sampling technique. The data analysis instruments used in this research were four tier multiple choice test questions and product assessment questionnaires. Based on the research results obtained from several validation experts, namely media experts, linguists, material experts, question experts, that the product was considered very feasible, and positive responses were obtained from educators and students on product assessment. It can be concluded that the four tier multiple choice instrument Based on the results of the analysis, students' understanding of the concept shows the majority of questions, misconceptions are with a percentage of 33% using misunderstanding. on this problem, analyzing student data makes the most of the answers in solving the problem. Then the percentage that at least does not understand the concept is the percentage of 73% who do not understand the concept in this question, this is because there are still students who do not understand the concept of blood circulation. Keywords: Application of the Four Tier Multiple Choice Test, Misconceptions, Biology

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:47
Last Modified: 17 Jan 2023 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22727

Actions (login required)

View Item View Item