IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 01 TAHUN 2018 PASAL 60 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM (Studi di Kelurahan Way Lunik Kecamatan Panjang)

Dyosa, Noveriz Muhammad (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 01 TAHUN 2018 PASAL 60 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM (Studi di Kelurahan Way Lunik Kecamatan Panjang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of DYOSA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena prostitusi yang terjadi di Kota Bandar Lampung khususnya yang berada di Kelurahan Way Lunik Kecamatan Panjang banyak berkembang dikalangan para pelajar, mahasiswa, bahkan sampai dengan ibu rumah tangga sekalipun dapat melakukan perbuatan tersebut. Tidak sedikit mereka beralasan karena mereka kekurangan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari�hari, karena terpaksa, karena mempunyai pendidikan yang rendah, ataupun dengan alasan karena ingin mencobanya. Walaupun mereka tahu akibat dari perbuatan yang mereka lakukan tetapi itu tidak membuat mereka jera, ataupun berfikir lebih jauh akibat yang akan di timbulkan dari masalah prostitusi tersebut. Seolah tak mengindahkan larangan Pemerintah Kota Bandar Lampung yang di rumuskan kedalam Peraturan Daerah Nomor 01 Tahun 2018 tentang Ketenteraman Masyarakat dan Ketertiban Umum Dalam Pasal 60 tentang Larangan Pekerja Seks Komersial menjadi polemic tersendiri di Kota Bandar Lampung. Maka masalah yang dapat dirumuskan adalah : 1. Bagaimanakah pelaksanaan Perda Nomor 01 Tahun 2018 tentang Ketenteraman Masyarakat dan Ketertiban Umum Dalam Pasal 60 tentang Larangan Pekerja Seks Komersial di Kota Bandar Lampung 2. Bagaimanakah tinjauan Hukum Islam tentang larangan pekerja seks komersial di Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Perda Nomor 01 Tahun 2018 Pasal 60 tentang Larangan Pekerja Seks Komersial dan Untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam terhadap larangan pekerja seks komersial. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pada akademis khususnya hukum yang berkaitan dengan hukum tata Negara dalam Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mempunyai sifat yuridis normatif dan deskriftif analitis dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi langsung ke lapangan dan mewawancarai narasumber sesuai dengan kebutuhan penelitian serta menggunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1. Implementasi Peraturan Daerah Nomor 01 Tahun 2018 Pasal 60 tentang Larangan Pekerja Seks Komersial belum optimal dijalankan iv karena pemerintah daerah tidak dengan rutin merazia tempat-tempat prostitusi yang masih ada di Gg. Pemandangan Keluarahan Way Lunik 2. Dalam tinjauan Hukum Islam peraturan yang dibuat oleh pemerintah Kota Bandar Lampung adalah untuk menyelamatkan masyarakatnya dari tindakan yang penuh kemudharatan. Dengan ini direkomendasikan kepada pemerintah agar rutin melakukan razia tempat-tempat prostitusi serta memberikan pembinaan kepada para Pekerja Seks Komersial agar dapat kembali menjadi manusia normal pada umumnya, dan kepada masyarakat agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindari dari perbuatan tercela dan menanamkan nilai-nilai agama kepada anak-anak nya sejak sedini mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:09
Last Modified: 17 Jan 2023 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item View Item