GENDER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KRITIS ATAS PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI)

Mupardila, Murni (2017) GENDER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KRITIS ATAS PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Murni_Mupardila.pdf]
Preview
PDF
Download (56MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi saat ini kajian gender bukanlah suatu yang asing lagi, mengingat begitu banyaknya wacana yang berkembang akan arus utama gender dalam segala aspek kehidupan terutama pendidikan. Pendidikan yang merupakan sebuah sarana yang strategis dalam melakukan perubahan khususnya pendidikan Islam diharapkan mampu menjawab tantangan ini, dimana adanya wacana bahwa agama Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi budaya patriarkhi, yang memunculkan para aktifis perempuan dalam Islam salah satunya fatima mernissi yang berusaha untuk mengintreprestasi adanya bias gender dalam kitab suci. Dalam hal ini perlu adanya kajian ulang ulang untuk mensinkronisasi pendidikan Islam dan pemikiran fatima mernissi tentang kesetaraan perempuan dalam Islam. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti merumuskan masalah sebagaimana berikut: Bagaimana Gender Dalam Persfektip Pendidikan Islam Studi Kritis atas Pemikiran Fatima Mernissi? Dan tunjuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan Gender Dalam Persfektip Pendidikan Islam Studi Kritis Atas Pemikiran Fatima Mernissi, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis analisis contein Analisis. Berdasarkan hasil penelitian. Pendidikan Islam yang berlandaskan pada Al-qur’an dan hadis yang mana didalam nya membawa prinsip persamaan, keadilan dan kebebasan. Dan menjunjung tinggi hak-hak perempuan dalam Islam. Mampu menjadi lokomotif yang aktif dalam menerapkan keadilan gender dalam pendidikan dengan meminjam semangat Fatima Mernissi dalam menginterprestasi ayat-ayat suci yang bias patriarki yang menyatakan bahwa bukan agama yang menyebabkan munculnya masalah melainkan pada penafsirannya diharapkan pendidikan Islam mampu lebih bijak dalam memandang ayat-ayat suci yang bias gender serta terus berupaya dalam melakukan kajian ulang agar terwujudnya pendidikan Islam yang sesuai dengan tujuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:59
Last Modified: 17 Nov 2017 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item