PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL (Studi Usaha Kuliner di Kelurahan Sukarame Kota Bandar Lampung)

ANISA, QURAINI (2023) PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL (Studi Usaha Kuliner di Kelurahan Sukarame Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Anisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan usaha yang tinggi atau ketat antar sesama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya yang bergerak di bidang usaha kuliner tengah menjadi tantangan bagi pemilik UMKM kuliner di Kelurahan Sukarame. Agar usaha yang dikelola dapat berkembang pemilik UMKM kuliner harus mampu meningkatkan kualitas produksi seperti peningkatan cita rasa produk, bentuk dan tampilan produk serta kemasan produk. Serta meningkatkan kegiatan distribusi produk seperti memasarkan produk secara online melalui media sosial. Namun sulitnya memperoleh informasi untuk meningkatkan kualitas produksi dan memasarkan produk secara luas dan cepat menjadi alasan UMKM yang dikelola sulit berkembang. Oleh karena itu saat ini salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masing-masing pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya adalah meningkatkan kemampuan diri dengan memanfaatkan media sosial agar mereka dapat menekan adanya tingkat persaingan usaha tersebut dan mampu meningkatkan kegiatan produksi maupun distribusi produk agar UMKM kuliner yang dikelola dapat berkembang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan analisis, dalam menganalisis terdapat 3 langkah menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dengan menggunakan penelitian lapangan (field research), data diperoleh secara langsung dari penelitian lapangan terhadap pengembangan UMKM dengan memanfaatkan media sosial. Metode yang dipilih dalam proses pengumpulan data penelitian ini adalah metode wawancara, peneliti melakukan wawancara kepada tiga pemilik UMKM kuliner yang diantaranya adalah Ibu Ayu, Bapak Izwan, dan Bapak Soleh. Observasi yang dilakukukan peneliti adalah mengamati pemanfaatan media sosial pada kegiatan peningkatan kualitas produksi dan distribusi secara online pada UMKM kuliner Bakso Mie Ayam Papat, Geprek King, dan Geprek Mas Boy. Serta dokumentasi yang didapat oleh peneliti adalah profil Kelurahan Sukarame, bukti adanya UMKM kuliner, bukti kegiatan wawancara dan bukti pemanfaatan media sosial oleh UMKM kuliner di Kelurahan Sukarame. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan diri, pengembangan UMKM dan fungsi media yang merupakan kegiatan menjadikan suatu usaha menjadi lebih besar atau menjadikan suatu iii usaha menjadi lebih maju dengan memanfaatkan teknologi media sosial. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan UMKM kuliner dengan menggunakan media sosial Facebook, Instagram, dan Youtube yang digunakan oleh pemilik UMKM kuliner dapat meningkatkan kualitas produk yang meliputi peningkatan dari aspek cita rasa, bentuk atau tampilan dalam penyajian produk, dan kemasan produk serta dapat meningkatkan pemasaran yang berpengaruh terhadap peningkatan daya beli pelangan sehingga dapat berimpilkasi pada peningkatan penghasilan yang berarti adanya pemanfaatan media sosial Facebook, Instagram, dan Youtube mampu mengembangkan UMKM kuliner yang dikelola ke arah yang lebih baik dan maju. Kata Kunci : Pengembangan UMKM, Pengembangan Usaha Kuliner, Manfaat Media Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:03
Last Modified: 16 Jan 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22703

Actions (login required)

View Item View Item