IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK PRENATAL DALAM ISLAM DI PEKON SUKAMARA KECAMATAN BULOK KABUPATEN TANGGAMUS

IZMI, NOPIANDA (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK PRENATAL DALAM ISLAM DI PEKON SUKAMARA KECAMATAN BULOK KABUPATEN TANGGAMUS. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS  1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS IZMI NOPIANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK PRENATAL DALAM ISLAM DI PEKON SUKAMARA KECAMATAN BULOK KABUPATEN TANGGAMUS Oleh IZMI NOPIANDA Pada umumnya pendidikan dapat dimulai ketika anak berada di dalam kandungan yang disebut sebagai pendidikan prenatal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pendidikan yang dilakukan orang tua tentang pendidikan anak prenatal dalam Islam di Pekon Sukamara Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus dan Faktor-faktor apa saja yang mempengarui dalam implementasi pendidikan anak prenatal di Pekon Sukamara Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus. Teori tabularasa j. Locke (Soegarda Poerbakawatja), menyatakan bahwa anak adalah laksana kertas putih yang diatasnya boleh dilukis apa saja menurut keinginan orang tua dan para pendidik, atau laksana lilin lembut yang bisa dibentuknya. Orang tua yang ingin memberikan pendidikan kepada anak sejak dini, tidak boleh melewatkan masa emas belajar anak atau masa yang paling produktif, tetapi masa ini sering diabaikan oleh para orang tua, kecuali orang tua yang benar-benar mendidik anak sejak dini. Masa emas belajar anak yaitu‖(1) waktu ia dalam kandungan, (2) sejak hari pertama ia dilahirkan, (3)sejak bayi berumur lima bulan.” Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada beberapa narasumber, diketahui bahwa orang tua (Ibu hamil dan keluarganya) telah mengimplementasikan apa itu pendidikan prenatal dan sudah melakukannya melalui beberapa metode antara lain metode lagu, metode berdoa, metode beribadah, metode bercerita/ komunikasi, metode mendengarkan pengajian di majelis taklim, metode audio, metode zikir, metode rilaksasi. Kemudian faktor�faktor yang mendorong dan menghambat dalam proses pendidikana anak dalam kandungan adalah faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor lingkungan sekitar, kondisi keluarga, faktor emosi dan dukungan dari orang-orang disekitar. Kata Kunci: Pendidikan Prenatal, Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:48
Last Modified: 16 Jan 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22701

Actions (login required)

View Item View Item