PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI 01 BUDI LESTARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

Maymunah, Ana (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI 01 BUDI LESTARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada SD Negeri 01 Budi Lestari Kecamatan Tanjung Lampung Selatan adalah modul yang dipergunakan berisi materi yang bersifat informatif, tidak berwarna, serta tidak ada keterangan gambar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi, sehingga penggunaan modul belum mampu mendorong peserta didik untuk berfikir dan belajar secara mandiri. Berdasarkan permasalahan yang dikaji, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana pengembangan modul IPA berbasis Inkuiri ?”. Jenis penelitian ini mengadaptasi dari metode pengembangan R & D (Research and Development), yang bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan modul IPA berbasis inkuiri untuk kelas IV sebagai sumber belajar bagi guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru untuk menguji kualitas modul IPA berbasis inkuiri. Dan angket peserta didik untuk mengetahui respon pada produk modul IPA berbasis inkuiri. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Modul IPA berbasis inkuiri materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Dalam proses pelaksanaannya, penelitian dan pengembangan ini dimulai dengan melakukan pengumpulan informasi guna menemukan kerangka produk yang akan dikembangkan. Produk tersebut dikembangkan dalam situasi tertentu, melalui suatu uji validasi oleh para ahli yang kemudian hasilnya direvisi, setelah itu diuji cobakan, dan akhirnya ditemukan suatu produk akhir yang dianggap sempurna. Kelayakn modul IPA berbasis inkuiri yang dikembangkan memiliki keidelaian materi dijelaskan secara detail disertai ilustrasi atau keterangan gambar, materi juga dijelaskan dengan menggunakan pendekatan inkuiri (mencari tahu). Selain itu, desain sangat menarik. Hal ini dipertegas oleh persentase rata-rata 87,5% untuk ahli materi, dan 84,1% untuk ahli desain. Selain itu, memperoleh persentase rata-rata 84,9% untuk guru kelas IV dan respon positif yang diberikan oleh peserta didik menunjukkan bahwa modul sangat menarik. Kesimpulan penelitian adalah modul IPA berbasis inkuiri materi bagian tumbuhan dan fungsinya layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada peserta didik kelas IV SDN 01 Budi Lestari Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Kata kunci: Pengembangan, Modul IPA, Inkuiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:59
Last Modified: 06 Mar 2017 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item