PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

SRI, WAHYUNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan paling awal yang harus dimiliki dalam pembelajaran matematika sehingga sebagai pondasi untuk mencapai kemampuan-kemampuan matematis lainnya. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII di SMP Negeri 7 Krui. Merujuk pada hasil pra penelitian yang sudah dilakukan bahwa pemahaman konsep peserta didik masih tergolong rendah. Melihat hal ini, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran matematika knisley berbantuan dengan media video pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Jenis penelitian Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 7 Krui. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluser random sampling yang kemudian diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran, dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model Direct Instruction. Insturmen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah test kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket gaya belajar peserta didik. Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan anova dua jalur. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5%, sehingga hasil analisis datanya yaitu (1) terdapat pengaruh model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis. (2) terdapat perbedaan antara gaya belajar kategori visual, auditorial, dan kinestetik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematis. Kata kunci : Model Pembelajaran Matematika Knisley, pemahaman konsep matematis, gaya belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:11
Last Modified: 13 Jan 2023 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22678

Actions (login required)

View Item View Item