IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ASSYIFA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Rizkya, Fathiatul Aini (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ASSYIFA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ASSYIFA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN Oleh Rizkya Fathiatul Aini Pembelajaran Qur‟an Hadis adalah suatu pembelajaran yang membahasa mengenai bagaimana cara memmbaca suatu bacaan Al�Qur‟an yang baik dan benar, dengan disusul dengan adanya sebuah hadis sehingga dengan adanya hadis tersebut bisa memperkuat dengan adanya sebuah ayat-ayat Al-Qur‟an yang ada di dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis, Tetapi sejak mewabahnya virus Covid-19 di Negeri ini, pembelajaran disekolah dilakukan secara daring termasuk juga mata pelajaran Qur‟an Hadits, sedangkan pembelajaran online mengenai materi Al-Qur‟an Hadis memerlukan cara tersendiri dalam penyampaianya. Sebab mengenai ayat-ayat Al-Qur‟an tidak maksimal jika penyampaianya hanya sekedar ringkasan materi saja, tetapi harus menggunakan sebuah media yang baik yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19, begitu juga MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan yang baginya pembelajaran daring memberikan tersendiri bagi para pendidik maupun peserta didik desa Jati Agung, seperti jangakuan jaringan yang sulit ketika dimusim penghujan, seorang guru harus menyiapan strategi yang baik untuk menunjang agar bisa berjalan dengan baik dalam kegiatan proses belajar mengajar. Dengan latar belakang tersebut di atas, peneliti berusaha memfokuskan penelitian ini pada Implementasi Pembelajaran Daring Materi Qur‟an Hadits Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan dengan rumusan masalah yang berbunyi Bagaimana Implementasi Pembelajaran Daring Materi Qur‟an Hadits Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Assyifa Karang Sari?”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif pada teori Implementasi Pembelajaran Daring Materi Qur‟an Hadits Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Assyifa Karang Sari, dengan data primer diperoleh dari Waka Kurikulum dan guru Qur‟an Hadits, yang didukung oleh data-data sekunder yang berbentuk arsip, dokumentasi dan lain-lain. iii Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan kesimpulan bahwa MTs Assyifa Jati Agung Lampung Selatan diantaranya 1) perencanaanya yaitu RPP sendiri sudah disiapkan oleh sekolah, ada beberap hal yang berbeda dalam penuyusunan RPP salah satunya ialah waktu pembelajaran daring lebih singkat dari pada pembelajaran tatap muka disekolah, 2) Pelaksanaan, yaitu dengan memanfaatkan whatsaap sebagai sarana belajar mengajar, menggunakan model pembelajaran grup yakni guru akan menjelaskan melalui pesan suara dan setelah itu siswa diberikan tugas. Selain model pemilihan metode pengajaran dilakukan oleh guru sesuai dengan kondisi saat belajar, metode ceramah, diskusi dan jigsaw. 3) Evaluasi pembelajaran daring pada matapelajaran qur‟an hadits menggunakan sistem tema, setelah habis pembelajaran siswa dievalusi denganmengikuti ulangan harian secara tatap muka disekolah, untuk siswa dibagi menjadi dua kelompok. Namun ada juga yang diberikan tugas secara daring sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Adapun 4) Faktor penghambat yang dihadapi guru untuk menerapkan pembelajaran daring, daintaranya :1) waktu pembelajaran yang singkat, 2) kurangnya penggunaan media pembelajaran, 3) banyak materi praktikyang tidak dapat dilaksanakan, 4) banyak siswa yang tak punya Handphone dan data internet. Kata kunci : Pembelajaran daring,Mata pelajaran Al-Qur‟an Hadist iv ABSTRACT IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING OF QUR’AN HADITH MATERIALS DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT MTS ASSYIFA KARANG SARI JATI AGUNG SOUTH LAMPUNG By Rizkya Fathiatul Aini Learning the Qur'an Hadith is a learning that discusses how to read a good and correct reading of the Qur'an, followed by a hadith so that the presence of the hadith can strengthen the existence of a verse of the Qur'an that is in the subjects of the Qur'an Hadith, but since the outbreak of the Covid-19 virus in this country, learning in schools is carried out online including the subjects of the Qur'an Hadith, while online learning about the material of the Qur'an Hadith requires its own way of delivering it. Because regarding the verses of the Qur'an it is not optimal if the delivery is only a summary of the material, but must use a good media that can be used in online learning during the COVID-19 pandemic, as well as MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung South Lampung For him, online learning provides its own for educators and students in Jati Agung village, such as network coverage which is difficult during the rainy season, a teacher must prepare a good strategy to support it so that it can run well in teaching and learning activities. With the above background, the researchers tried to focus this research on the Implementation of Online Learning of Qur'an Hadith Materials During the Covid-19 Pandemic At MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung, South Lampung with the formulation of the problem which reads How to Implement Online Learning of Hadith Qur'an Materials During the Covid-19 Pandemic at MTs Assyifa Karang Sari?”. This study uses qualitative research using a descriptive approach to the theory of Implementation of Online Learning of Hadith Qur'an Materials During the Covid-19 Pandemic At MTs Assyifa Karang Sari, with primary data obtained from the Curriculum Waka and Qur'an Hadith teachers, supported by data- secondary data in the form of archives, documentation and others. From the results of this study the researchers concluded that MTs Assyifa Jati Agung South Lampung include 1) the planning, namely the RPP itself has been prepared by the school, there are several different things in the preparation of the RPP, one of which is v the online learning time is shorter than face-to-face learning at school, 2 ) Implementation, namely by utilizing WhatsApp as a teaching and learning tool, using a group learning model where the teacher will explain through voice messages and after that students are given assignments. In addition to the model, the selection of teaching methods is carried out by the teacher according to the conditions during learning, the lecture method, discussion and jigsaw. 3) Evaluation of online learning in the subjects of the Qur'an Hadith using a theme system, after finishing the learning students are evaluated by taking daily tests face-to-face at school, for students to be divided into two groups. However, there are also those who are given online assignments according to the existing situation and conditions. As for 4) the inhibiting factors faced by teachers to implement online learning, including: 1) short learning time, 2) lack of use of learning media, 3) many practical materials that cannot be implemented, 4) many students who do not have cellphones and internet data . Keywords: Online learning, Al-Qur'an Hadith subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:27
Last Modified: 13 Jan 2023 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22675

Actions (login required)

View Item View Item