PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Anis, Niken Pangesti (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi anis niken pangesti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran sangat efektif dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu Guru sudah menggunakan beberapa model pembelajaran salah satunya model pembelajaran langsung, PBL, dan CTL dan guru sudah bervariatif dalam proses pembelajaran, akan tetapi hasil belajar peserta didik masih rendah, Pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas, peserta didik kurang antusias dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan, Peserta didik jarang melakukan diskusi, sehingga peserta didik sulit untuk menyampaikan gagasannya, dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik kelas IV di MIN 6 Bandar Lampung, diketahui proses pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu perlu di terapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan dalam penelitian ini yaitu Adakah pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar Tematik kelas IV di MIN 6 Bandar Lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Tematik Kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. populasi dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Pengelolahan data dari hasil uji normalitas dan homogenitas dihitung dengan menggunakan SPSS, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelas sampel tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai thitung = 2.458. Dan dapat diketahui nilai ttabel = 1,729. Berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya maka dapat diketahui bahwa nilai thitung> ttabel = 2.458 >1,729 dengan kesimpulan Ho ditolak sehingga H1 diterima. Dengan demikian hasil uji-t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu ada (terdapat) pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:56
Last Modified: 13 Jan 2023 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item View Item