PENERAPAN BUDAYA LITERASI PADA SEKOLAH DASAR ISLAM DI KOTABUMI LAMPUNG UTARA

SEVIRA, NURLITA (2023) PENERAPAN BUDAYA LITERASI PADA SEKOLAH DASAR ISLAM DI KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SEVIRA NURLITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca masyarakat Indonesia cukup memprihatinkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan agar mendapati kegiatan belajar mengajar yang efektif agar memajukan keterampilan anak bisa dilakukan dengan kegiatan penerapan budaya literasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan budaya literasi pada sekolah dasar islam di Kotabumi Lampung Utara dan Apa faktor-faktor yang mendukung serta menghambat penerapan budaya literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan budaya literasi pada sekolah dasar islam di Kotabumi Lampung Utara dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat penerapan budaya literasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai penerapan budaya literasi, sedangkan data sekunder berupa teori-teori serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan penerapan budaya literasi pada sekolah dasar islam di Kotabumi Lampung Utara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: a) Proses penerapan budaya literasi di sekolah dasar islam di Kotabumi dilakukan tiga tahap: 1) Tahap Pembiasaan, 2) Tahap Pengembangan, 3) Tahap Pembelajaran. b) Faktor Pendukung Faktor Pendukung yang dialami ketiga sekolah tersebut yakni, Antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan literasi cukup baik, sarana literasi yang telah di sediakan sekolah memadai, antusias peserta didik untuk membaca di perpustakaan sangat baik dan Faktor Penghambat yang dialami ketiga sekolah tersebut yakni, Keterbatatasan Waktu dalam menerapkan proses literasi, karena mengingat terdapat materi pelajaran wajib yang memang harus diselesaikan sehingga membuat pihak sekolah terutama guru dalam menyampaikan pelajaran harus lebih cepat untuk mengejar materi pelajaran, kurangnya pemanfaatan sarana literasi seperti pojok baca kelas dan perpustakaan, buku bacaan siswa yang itu-itu saja, siswa kelas 1 yang belum sepenuhnya bisa membaca, jadi dalam kegiatan literasi dianjurkan untuk kelas tinggi yaitu kelas 3, 4, 5, dan 6 untuk kelas 1 dan kelas 2 terdapat kegiatan lain yaitu pembinaan. Dengan demikian penemuan ini menggambarkan bahwa budaya literasi pada sekolah dasar islam di Kotabumi Lampung Utara sudah terbudaya dengan baik, melihat faktor pendukung dari ketiga sekolah tersebut serta faktor penghambat yang dapat diajukan acuan untuk diperbaiki kedepannya, karena budaya literasi merupakan salah satu hal yang penting untuk diterapkan di sekolah dan dapat menunjang pembelajaran peserta didik. Kata Kunci : Budaya, Literasi, dan Sekolah Dasar Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:25
Last Modified: 13 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22668

Actions (login required)

View Item View Item