IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SHAPPING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 NEGERI AGUNG WAY KANAN TAHUN AJARAN 2021/2022

DEVI, SUCI KURNIASARI (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SHAPPING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 NEGERI AGUNG WAY KANAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI SUCI KURNIASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam sebuah penelitian ini tentang disiplin belajar pada peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang rendah dalam disiplin belajarnya. Permasalahan disiplin belajar pada peserta didik sesuai dengan fakta lapangan bahwa peserta didik mengalami tidak tepat waktu hadir dalam proses pembelajaran,membolos pada saat jam pembelajaran, tidak membawa fasilitas belajar, tidak mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan soal evaluasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran umum disiplin belajar pada peserta didik di SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan, untuk mengetahui tahapan perencanaan dan pelaksanaan implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik shapping untuk meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan, untuk mengetahui hasil implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik shapping untuk meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. Teknik pengumpulan data wawancara,dokumentasi dan observasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 peserta didik yang berinisial RS,RGF,DAP,DNS,MI,PI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, display data, verifikasi data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data, yaitu dengan membandingkan apa yang dikatakan guru bimbingan konseling dengan apa yang dikatakan peserta didik,membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan,membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Sumber data dalam penelitian ini terdapat data primer yang diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Shapping untuk meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari buku-buku relevan yang berkaitan dengan judul penelitian,dokumen-dokumen resmi, dan data-data yang terkait dengan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Shapping untuk meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Shapping untuk meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik.Terdapatnya perubahan prilaku peserta didik yang lebih baik dengan diberikan penguatan positif (Re-Inforcement) secara sistematik. Peserta didik mulai bisa percaya diri untuk mencoba merubah prilakunya menjadi lebih baik. Dalam hal ini terlihat dari keaktifan didalam kelas dan disiplin dalam belajar menjadi lebih baik karena pemberian motivasi oleh guru bimbingan dan konseling. Kemudian dalam tahapan pelaksanaan teknik shapping, guru BK telah melaksanakan tahapan teknik shapping yaitu membuat analisis ABC (Antecedent,Behavior,Consequence),menetapkan target perilaku,menentukan jenis reinforcement,evaluasi dan follow up. Kesimpulan dari penelitian ini Guru BK melakukan tahapan-tahapan layanan bimbingan kelompok yaitu tahap persiapan, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, treatment, tahap pengakhiran, evaluasi serta tindak lanjut telah dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Teknik Shapping, Disiplin Belajar iv ABSTRACT The problem in this research was about learning discipline in class XI IPS 2 students at SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. This research was motivated by students who are low in learning discipline. The problem of learning discipline in students was in accordance with the facts in the field that students experience not being present in the learning process on time, skipping school during class hours, not bringing learning facilities, not collecting assignments, not working on evaluation questions.The purpose of this study was to find out the general description of the discipline of learning in students at SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan, to find out the stages of planning and implementing the implementation of group guidance services by forming to improve learning discipline in students at SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan , to find out the results of implementing group guidance services with forming techniques to improve learning discipline in students at SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. Data collection techniques interview, documentation and observation. The sample in this study consisted of 6 students with the initials RS, RGF, DAP, DNS MI, PI. The method used in this research was to use a qualitative descriptive research design. Data analysis in this study through data reduction, data display, data verification. Test the validity of the data in this study using triangulation of data sources, namely by comparing what the counseling teacher said with what the students said, comparing interview results with the contents of a related document, comparing observed data with interview results. The source of the data in this study was primary data obtained directly from respondents regarding the implementation of group guidance services using the Shapping technique to improve learning discipline in students at SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. While the secondary data was obtained from relevant books related to research titles, official documents, and data related to the implementation of group guidance services with the Shapping technique to improve learning discipline in students at SMA Negeri 2 Negeri Agung Way Kanan. The results of this study stated that the implementation of group guidance services with the Shapping technique to improve learning discipline in students. There was a change in behaviour better students by being given positive reinforcement (Re�Inforcement) systematically. Students begin to be confident to try to change their behavior for the better. In this case it can be seen from the activity in the classroom and the discipline in learning was getting better because of the provision of motivation by the guidance and counseling teacher. Then in the stages of implementing the shapping technique, the counseling teacher has carried out the shapping technique stages, namely making an ABC (Antecedent, Behavior, Consequence) analysis, setting behavioral targets, determining the type of reinforcement, evaluating and following up. The conclusion from this study was that the guidance counselor carries out the stages of group guidance services, namely the preparation stage, the formation stage, the transitional stage, the activity stage, the treatment, the termination stage, evaluation and follow-up have been carried out properly Keywords: Shapping Technique, Learning Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:20
Last Modified: 12 Jan 2023 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item View Item