STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Yoyon, Mauladi (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YOYON MAULADI (1811010148).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaranialah sebuah perencanaan yang berisi serangkaian program yang didesain dengan khusus (baik metode ataupun pemanfaatan banyak sumberdaya) untuk meraih tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu jika guru sebagai administrator haruslah dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, untuk meraih tujuan program pendidikan yang diinginkan, guru diinginkan punyasebagian strategi pembelajaran yang bisa menggugah murid untuk belajar dengan enak dan mengasikkan. Untuk meraih tujuan agar bisa memotivasi murid, maka diperlukan usaha yang lebih baik dari guru dalam menetapkan dan mengaplikasikan strategi, metode dan media pembelajaran yang selaras kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini ialah : (1) Mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam yang diaplikasikan dalam memotivasi belajar murid pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. (2) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam memotivasi belajar murid di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Untuk meraih tujuan diatas, dipakai pendekatan penelitian kualitatif. Dalam tahapan pengumpulan data, penulis memakaisebagian metode, ialah metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun untuk analisis datanya, penulis memakai teknik analisis deskriptif kualitatif, ialah berupa pemaparan data dengan tertulis terkait data-data terkait, baik yang tertulis ataupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut diatas yang sudah dikaji, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan dengan menyeluruh terkaitkondisi yang sebenarnya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, kesuksesan guru pendidikan agama islam dalam memotivasi belajar murid pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung sudah baik dan menaik. Hal ini terlihat dari murid yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan menetapkan untuk keluar kelas, sekarang sudah makin membaik, giat belajar dan banyak membaca. Murid yang biasanya hanya datang-duduk-pulang, saat sekarang sudah berani bertanya dan berkata pendapatnya dalam tahapan pembelajaran. Dan juga tercermin dari akhlak para murid yang mana murid selalu ta’zim pada guru-gurunya dengan bersalaman tiap berjumpa. Artinya jika memotivasi belajar murid tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangatlah diinginkan oleh guru-guru SMA Negeri 8 Bandar Lampung untuk jadi manusia-manusia yang berakhlakil karimah sebabselaras dengan visi dan misi sekolah. Kata Kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar Peserta Didik. iii ABSTRACT The strategy of learning is a root of plan that contains activities designed in particular (both methods or resource of utilizations) to reach the goals in educational field. In formal education, we knew that the teacher as an administrator should be able to organize educational programs as well as possible. Therefore, to achieve the desired objectives of educational programs, teachers were expected to have some learning strategies that can inspire students to learn easily and funny. To achieve the goal in order to increase student learning motivation, it would require more effort from teachers in selecting and implementing the strategies, methods and learning media that appropriate with these competencies. The purpose of this research was : (1) describing the strategy of islamic education teachers in motivating student learning in PAI subject in SMA Negeri 8 Bandar Lampung (2) Mentioning inhibiting and supporting factors in increasing students’ learning motivating in SMA Negeri 8 Bandar Lampung. To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach. In the process of data collection, the researcher used several methods, the method of observation, interview and documentation. As for the data analysis, the researcher used descriptive qualitative analysis techniques, namely data presentation in writing of the relevant data, both written of objects existing research in institutions mentioned above that have been observed, which in this case the researcher described in overall view of the real phenomena. The results showed that, the succes of islamic education teacher in motivating student learning in PAI subjects that good and improving in SMA Negeri 8. It was seen from the students who initially lazy and choose and follow the lessons out of the classroom, it was getting better, study hard and read a lot. Students normally only come-sit-go, while now it was the courage to ask their opinion in the learning process. Also reflecting on the character of the students where students were always respectful to their teachers whit a handshake every meeting. This meant that students learning motivation was not only shaped like the number of values in report book, but it was more, the motivation was also like their morals in society and this was what was expected by SMA Negeri 8 Bandar Lampung to be human beings having good moral in accordance whit the vision and mission of the school. Keywords : Islamic Religious Education Teacher Strategy, Student Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:47
Last Modified: 12 Jan 2023 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22658

Actions (login required)

View Item View Item