STRATEGI REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PENDIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN METRO

PUJIONO, Syamhadi (2023) STRATEGI REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PENDIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN METRO. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESIS_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

ABSTRAK Rekrutmen adalah proses menghasilkan suatu kelompok pelamar yang memenuhi syarat untuk pekerjaan-pekerjaan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui strategi rekrutmen di SMP MuAD Metro, 2) untuk pengetahui pelaksanaan seleksi tenaga pendidik di SMP MuAD Metro, 3) untuk mengetahui penempatan tenaga pendidik di SMP MuAD Metro dalam rangka pencapaian tujuan lembaga tersebut. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2021 di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua dan sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (MPDM) Muhammadiyah Kota Metro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) strategi rekrutmen tidak hanya merekrut tenaga pendidik dari luar akan tetapi juga memeberdayakan sumber daya yang ada dengan cara promosi, transfer dan demosi. Untuk mendapatkan tenaga pendidik yang berkualitas rekrutmen di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro menggunakan beberapa strategi yaitu analisis kebutuhan, penetapan kualifikasi pelamar, tahapan seleksi dan penempatan; 2) untuk mendapatkan tenaga pendidik terbaik dari sejumlah pelamar yang lulus secara administratif dengan beberapa strategi yaitu tes potensi akademik, mikro teaching dan wawancara untuk menggali kepribadian dan keahlian; 3) penempatan tenaga pendidik pada awalnya berstatus sebagai tenaga pendidik tidak tetap, setelah 2 (dua) tahun pengabdian wajib mengikuti pembinaan persyarikatan muhammadiyah yang disebut Baitul Arqam untuk mempertimbangkan layak atau tidaknya untuk diangkat sebagai tenaga pendidik tetap persyarikatan muhammadiyah. Kata Kunci: Strategi Rekrutmen dan Seleksi, Tenaga Pendidik ABSTRACT Recruitment is the process of generating a group of qualified applicants for organizational jobs. The purpose of this research were: 1 )to know recruitment strategy ad SMP MuAD Metro, 2) to know the selection of educational staff at SMP MuAD Metro, 3) to know the placement of educational staff at SMP MuAD Metro to reach the objectives of that institute itself. This research was conducted on Auguts 20th, 2021 at Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro City Junior High School. The method which used in this research was descriptive qualitative, which was describing the present phenomena. The techniques of the data collecting were observation, interview, and document study. In this research the researcher interviewed the principal, vice principal, and the MPDM leaders of Metro City. The result of the research showed : 1) recruitment strategy not only using external strategy but also internal strategy such as promotion, transfer and demotion. To get quality educational staff used some strategies, they are job analysis, qualification, selection and placemen; 2) to get the best educational staff from group of qualified applicants were assessed by using strategies of academic test, micro teaching and interview for exploring personality and skill; 3) the first placemen as temporary of educational staff, after passed on Baitul Arqom would be appointed as permanent of Muhammadiyah educational staff. Key Word: The Recruitment and Selection Strategy, Educational Staff

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:24
Last Modified: 12 Jan 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22657

Actions (login required)

View Item View Item