ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF , PERSONAL SELLING, MARKETING COMMUNICATION, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL AGEN ASURANSI SYARI’AH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN POLIS PRODUK ASURANSI SYARI’AH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967 UNIT SYARI’AH BANDAR LAMPUNG)

Fauziah, Mutiara Leste (2022) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF , PERSONAL SELLING, MARKETING COMMUNICATION, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL AGEN ASURANSI SYARI’AH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN POLIS PRODUK ASURANSI SYARI’AH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967 UNIT SYARI’AH BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FAUZIAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FAUZIAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Komunikasi Persuasif, Personal Selling, Marketing Communication, dan Komunikasi Interpersonal Agen Asuransi Syari’ah dalam meningkatkan Penjualan Polis Produk Asuransi Syari’ah (Studi Kasus pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Unit Syari’ah Bandar Lampung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif, personal selling, marketing communication, dan komunikasi interpersonal yang digunakan para agen asuransi dalam membujuk calon nasabah untuk meningkatkan penjualan polis produk asuransi syari’ah . Dalam penelitian ini, studi yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif yang dapat menggambarkan dan mendeskripsikan peranan komunikasi persuasif, personal selling, marketing communication, dan komunikasi interpersonal yang dilakukan agen asuransi dalam membujuk calon nasabah membeli produk asuransi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi komunikasi persuasif, personal selling, marketing communication dan komunikasi interpersonal agen asuransi syari’ah dalam meningkatkan penjualan polis produk syari’ah. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif, personal selling, marketing communication dan komunikasi interpersonal agen asuransi syari’ah dalam meningkatkan penjualan polis produk asuransi syari’ah pada PT Asuransi umum bumiputera muda 1967 unit syari’ah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, quesioner dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian adalah dari keempat strategi tersebut semua punya peluang dan tingkat keberhasilan yang saling berkaitan, iv jadi tidak ada patokan satu cara mana yang paling berhasil, jadi semua strategi itu saling berkaitan erat satu sama lain dan saling menaungi. Dan semua startegi yang diterapkan sama-sama berperan penting. Dari keempat strategi tersebut tidak mungkin 100% dapat dijalankan penuh, karena tentu masih banyak kendala yang terjadi dan dapat disimpulkan 70-80% tingkat keberhasilannya. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Personal Selling, Marketing Communication, Komunikasi Interpersonal. v ABSTRACT This research is entitled Analysis of Persuasive Communication Strategies, Personal Selling, Marketing Communication, and Interpersonal Communication of Syari'ah Insurance Agents in Increasing Sales of Syari'ah Insurance Products Policies (Case Study at PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance Sharia Unit Bandar Lampung). This study aims to determine the persuasive communication strategies, personal selling, marketing communication, and interpersonal communication used by insurance agents in persuading prospective customers to increase sales of sharia insurance product policies. In this study, the study used is a qualitative descriptive study that can describe and describe the role of persuasive communication, personal selling, marketing communication, and interpersonal communication by insurance agents in persuading prospective customers to buy insurance products. The focus of the research in this thesis is how persuasive communication strategies, personal selling, marketing communication and interpersonal communication of sharia insurance agents increase sales of sharia product policies. The purpose of the research in this thesis is to find out how the strategy of persuasive communication, personal selling, marketing communication and interpersonal communication of sharia insurance agents in increasing sales of sharia insurance product policies at PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 sharia unit Bandar Lampung. This study used qualitative research methods. The type of research used in this thesis research is field research. Sources of data obtained are primary data and secondary data. Data collection techniques in this study were interviews, questionnaires and documentation. Meanwhile, the data analysis techniques used are data reduction, data presentation, data analysis and drawing conclusions. The results of the research are that of the four strategies, all of them have interrelated opportunities and success rates, so there is no benchmark which one method is the most successful, so all of these strategies are closely related to each other and shade each other. And vi all the strategies applied equally play an important role. Of the four strategies it is impossible 100% to be fully implemented, because of course there are still many obstacles that occur and it can be concluded that the success rate is 70-80%. Keywords: Persuasive Communication, Personal Selling, Marketing Communication, Interpersonal Communication

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:43
Last Modified: 12 Jan 2023 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item