TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK ASUH ANAK YANG DISERAHKAN PADA NENEK SETELAH AYAHNYA MENINGGAL DUNIA (Studi Putusan Pengadilan Agama Tulang Bawang Nomor 0294/Pdt.G/2020/Pa.Tlb)

DWI, DAMAYANTI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK ASUH ANAK YANG DISERAHKAN PADA NENEK SETELAH AYAHNYA MENINGGAL DUNIA (Studi Putusan Pengadilan Agama Tulang Bawang Nomor 0294/Pdt.G/2020/Pa.Tlb). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI DAMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Islam menetapkan hak pengasuhan anak diutamakan kepada istri ketika seorang suami meninggal dunia. Dalam Putusan Pengadilan Agama Tulang Bawang Nomor 0294/Pdt.G/2020/Pa.Tlb hak asuh anak justru diserahkan ke nenek dari pihak ayah. Permasalahan tersebut bermula ketika suami yang bernama Reki Permadi meninggal dunia kemudian sang istri yang juga sebagai penggugat bekerja di Malaysia untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Anak dari Penggugat yang bernama Rosya Gyantika dititipkan kepada Tergugat (selaku mertua dari Penggugat), hubungan Penggugat dengan Tergugat masih terjalin dengan baik sampai Penggugat menikah lagi dengan suami kedua yang bernama Murdani. Sejak saat itulah mulai terjadi perselisihan, dimana Penggugat ingin membawa anak kandungnya untuk tinggal di Karawang bersama suami barunya. Akan tetapi Tergugat tidak memperbolehkan Penggugat membawa anaknya tinggal bersama keluarga barunya di Karawang, dan Rosya Gyantika memilih tinggal bersama nenek dan kakeknya (mantan mertua Penggugat). Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana dasar pertimbangan Hakim menyerahkan hak asuh anak kepada nenek dalam Putusan Nomor 0294/Pdt.G/2020/Pa.Tlb. Serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap peralihan hak asuh anak yang diserahkan pada nenek setelah ayahnya meninggal dunia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach), yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisa data peristiwa tentang pola asuh anak yang jatuh pada nenek setelah ayahnya meninggal dunia dengan pendekatan yuridis, sosial justice, dan maslahah anak. Sumber data yaitu Putusan Pengadilan Agama Tulang Bawang Nomor 0294/Pdt.G/2020/Pa.Tlb dengan meninjau kajian terhadap Kompilasi Hukum Islam, kitab-kitab fiqih, literatur-literatur, peraturan perundang-undangan, artikel dan jurnal hukum. iii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dasar pertimbangan Hakim menyerahkan hak asuh anak pada nenek setelah ayahnya meninggal dunia dengan pertimbangan kepentingan terbaik bagi anak. Meskipun hak asuh anak yang jatuh pada neneknya, ibunya tetap diberikan hak untuk mencurahkan kasih sayangnya kepada anak tersebut dengan menjenguk, menelepon, bermain dan berekreasi bersama. Dalam tinjauan hukum Islam terhadap peralihan hak asuh anak yang diserahkan pada nenek setelah ayahnya meninggal dunia adalah dengan meninjau pasal 105 Kompilasi Hukum Islam tentang kemaslahatan bagi anak yang bisa memilih dimana dia akan tinggal dan di asuh. Fakta dalam persidangan Rosa Gyantika yang sudah dapat didengar keteranganya memilih tinggal dan di asuh oleh pihak Tergugat karena sudah nyaman tinggal bersama Tergugat yang sudah mengurusnya sejak kecil. Kata kunci: Tinjauan hukum Islam, Pengadilan Agama, Hak asuh, kompilasi Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:58
Last Modified: 12 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item View Item