PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMIK DI SD/MI

NINA, CHAIRANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMIK DI SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NINA CHAIRANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada proses pembelajaran selama ini pendidik dan peserta didik sudah menggunakan media pembelajaran visual berupa media gambar seperti poster, pada penggunaan media tersebut kurang menumbuhkan antusiasme dan minat saat belajar terutama pada mata pelajaran matematika yang mereka anggap sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang media apa yang cocok di gunakan agar siswa tidak cepat bosan dan tertarik pada pelajaran matematika, maka dari itu penulis melakukan pengembangan media pembelajaran tentang media pembelajaran berupa media komik pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran komik matematika, serta bertujuan menghasilkan media komik matematika. Media ini dibuat untuk memudahkan dan menarik minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika. Dengan menggunakan media komik matematika ini diharapkan peserta didik mampu memahami materi dengan mudah dan dapat memotivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang mengacu pada model pengembaangan ADDIE yang memiliki 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN 2 Campang Raya dan MI Al-Hikmah Bandar Lampung, serta kedua guru pada sekolah tersebut. Instrument pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi dalam kategori “Layak”, dengan persentase rata-rata 97,5 %. Penilaian ahli bahasa dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 97 %, dan penilaian ahli media dalam kategori “Layak” dengan 86,8 %. Pada uji coba skala kecil dengan peserta didik sebanyak 15 peserta didik memperoleh persentase rata-rata 97,3 %. Pada uji coba lapangan skala besar dengan persentase rata-rata 99 % dengan keterangan “Sangat Menarik” untuk digunakan dan dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci: ADDIE, Komik, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:51
Last Modified: 12 Jan 2023 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22648

Actions (login required)

View Item View Item