PENERAPAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (Study Kasus Pada MIMA 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung)

RESTU, AFRIANSYAH (2023) PENERAPAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (Study Kasus Pada MIMA 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RESTU FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III MIMA 7 LABUHAN RATU yang dilatar belakangi observasi awal yang menunjukkan kurangnya minat membaca pada mata pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat berdasarkan rata-rata hasil belajar membaca pada mata materi bahasa Indonesia masih dibawah kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yaitu diangka 7.8 hal ini menunjukkan masih rendahnya minat membaca siswa pada meteri bahasa Indonesia, oleh karena itu model pembelajaran mengunakan modul diharapkan dapat meningkatkan belajar membaca pada pelajaran bahasa Indonesia kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tidakan kelas (PTK) penelitian dilaksanakan pada dua siklus setiap silklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif berupa lembar observasi dalam keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar modul. Tujuan penelitian untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran menggunakan media modul siswa dikelas III MIMA7 Labuhan Ratu Bandar Lampung disetiap siklus pada materi Bahasa Indonesia. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian dilaksanakan pada 2 siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III MIMA 7 Labuhan Ratu yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi dalam keterlaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh dari hasil penelitian ini antara lain 1) keterlaksanaannya model pembelajaran menggunakan media bahan ajar modul pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa dapat diukur melalui hasil evaluasi setelah pembelajaran. Selasi pada setiap siklusnya hasil belajar evaluasi diakhir pembelajaran menggunakan bahan ajar modul mengalami peningkatan yang ditunjukan pada hasil belajar siswa pada setiap tidakan sebagai berikut: nilai awal sebelum diadakan tindakan menunjukan nilai rata�rata yaitu hanya diangka 6.5 Nilai tersebut masih dibawah nilai KKM iii yang ditentukan yaitu diangka 5.0 pada tindakan siklus I menunjukan nilai rata-rata 63.47 dan siklus II berada diangka 7.8 bentuk pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar modul akan lebih efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa, perencanaan yang baik dapat menciptakan pembalajaran yang berkualitas salah satu contohnya dengan menggunakan media bahan ajar modul. Dengan materi pemebelajaran yang disampaikan kepada siswa akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajan. Kata kunci: Penerapan bahan ajar Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:10
Last Modified: 11 Jan 2023 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item View Item