PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK BERBANTU HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTS

MIA, MELINDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK BERBANTU HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi Mia Melinda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK BERBANTU HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTS Oleh Mia Melinda Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik di MTS Mamba‟ul Ulum Margoyoso yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik berbantu Handout terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi sistem pencernaan makanan manusia di MTS. Inti dari model (LAPS)-Heuristik yakni model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk memecahkan masalah dengan petunjuk dalam bentuk pertanyaan atau perintah pada setiap langkah- langkah pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII di MTS Mamba‟ul Ulum Margoyoso. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Groub. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian (Pretest dan Posttest). Teknik analisis data meliputi uji Normalitas, uji Homogenitas, uji N�gain dan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji normalitas, hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikan di atas 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikan di atas 0,05 maka bersifat homogen. Pengajuan hipotesis dengan uji t di dapat nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 maka H1 diterima. iii Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik berbantu Handout terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi sistem pencernaan makanan manusia di MTS. Kata Kunci: Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik, Kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:37
Last Modified: 11 Jan 2023 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22635

Actions (login required)

View Item View Item