KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM INTERNALISASI NILAI KEISLAMAN (Studi di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung)

MERIA, SAPUTRI (2022) KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM INTERNALISASI NILAI KEISLAMAN (Studi di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MERIA SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anak-anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung masih kurang internalisasi tentang nilai keislaman, terutama nilai akhlak. Secara teori tunagrahita adalah suatu kondisi anak yang kecerdasannya jauh dibawah rata-rata dan ditandai oleh keterbatasan inteligensi dan ketidak cakapan dalam komunikasi sosial, dalam kondisi inilah pada kenyataannya anak tunagrhita sulit untuk diarahkan. Jika boleh dikatakan tingkat kesadaran mereka masih bisa dikatakan sangat rendah penyebabnya adalah kesabaran orangtua yang kurang dalam menghadapi anaknya. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertatik melakukan penelitian dengan judul skripsi “Komunikasi Antara Guru dan Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Internalisasi Nilai KeIslaman (Studi di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung).” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi guru dan siswa berkebutuhan khusus dalam internalisasi nilai ke-Islaman di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung? Dan apa saja faktor penghambat komunikasi guru dan siswa berkebutuhan khusus dalam internalisasi nilai keislaman di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung?Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi guru dan siswa berkebutuhan khusus dalam internalisasi nilai ke-Islaman di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung dan faktor penghambat komunikasi guru dan siswa berkebutuhan khusus dalam internalisasi nilai keislaman di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskiptif analisis. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari 12 orang responden yakni 1 orang Kepala Sekolah, 2 orang guru kelas tuna grahita, 1 orang guru Pendididikan Agama Islam, 8 orang siswa yang terdiri dari 4 orang siswa kelas 5 dan 4 orang siswa kelas 6 Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung. Data sekunder dalam iv penelitian ini adalah buku, dokumen, serta situs internet yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa komunikasi digunakan guru komunikasi guru dalam internalisasi nilai-nilai keislaman di SDLB PKK Sukarame Bandar Lampung pada Tunagrahita yaitu komunikasi verbal. Komunikasi secara verbal adalah pengenalan dan pemahaman tentang perbuatan baik. Dan komunikasi non verbal yaitu memberikan contoh, menerapkan pembiasaan yang berulang-ulang agar siswa terbiasa melakukan hal-hal yang baik. Bentuk komunikasi yang digunakan yaitu komunikas antarpersonal dan komunkasi kelompok. Faktor penghambat komunikasi guru dan siswa berkebutuhan khusus di SDLB PKK Sukarame dalam internalisasi nilai-nilai keislaman adalah keterbatasan intelegensi dan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Kata kunci : Komunikasi, Guru, Siswa berkebutuhan khusus, Nilai keislaman v ABSTRACT Children with special needs who attend the PKK Sukarame State Elementary School in Bandar Lampung still lack internalization of Islamic values, especially moral values. In theory, mental retardation is a condition of children whose intelligence is far below average and is characterized by limited intelligence and incompetence in social communication, in this condition, in fact, mentally retarded children are difficult to direct. If it can be said that their level of awareness can still be said to be very low, the cause is the lack of patience of parents in dealing with their children. Based on this background, the author is interested in conducting research with the title of the thesis "Communication Between Teachers and Students with Special Needs in Internalizing Islamic Values (Study at PKK Sukarame State Elementary School, Bandar Lampung)." The formulation of the problem in this research is how is the communication between teachers and students with special needs in internalizing Islamic values at the PKK Sukarame State Elementary School, Bandar Lampung? And what are the inhibiting factors for communication between teachers and students with special needs in internalizing Islamic values at PKK Sukarame State Elementary School, Bandar Lampung? The State PKK Sukarame Bandar Lampung and the inhibiting factors for the communication of teachers and students with special needs in internalizing Islamic values at the PKK Sukarame State Elementary School, Bandar Lampung. This research includes field research with descriptive analytical research. Sources of data come from primary data and secondary data. Primary data in this study were obtained from 12 respondents, namely 1 principal, 2 mentally retarded class teachers, 1 Islamic religious education teacher, 8 students consisting of 4 5th grade students and 4 6th grade students of Outer Elementary School. Ordinary PKK Sukarame, Bandar Lampung. Secondary data in this research are books, documents, and internet sites related to this research. Data collection techniques with interview techniques, observation, and documentation. vi The results of the study revealed that the method of communication used by teacher communication teachers in internalizing Islamic values at SDLB PKK Sukarame Bandar Lampung in Tunagrahita was verbal and non-verbal communication. Verbal communication is the recognition and understanding of good deeds. And non-verbal communication, namely giving examples, applying repeated habits so that students get used to doing good things. The inhibiting factor for communication between teachers and students with special needs at SDLB PKK Sukarame in internalizing Islamic values is the limited intelligence and abilities of different students. The mindset or abilities of students are different, so the teacher must convey it back to the students over and over again until all students understand. Keywords: Communication, Teachers, Students with special needs, Islamic values.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:26
Last Modified: 11 Jan 2023 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22633

Actions (login required)

View Item View Item