PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) BERBANTUAN MEDIA PODCAST TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

TIKA, AGUSTINA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) BERBANTUAN MEDIA PODCAST TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIKA AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) BERBANTUAN MEDIA PODCAST TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh Tika Agustina Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar peserta didik yang masih rendah, sebagaimana keadaan di lapangan yang ditemui penulis di MTs Mambaul Ulum Margoyoso berdasarkan hasil wawancara guru kelas mengenai aktivitas belajar dan dari angket minat belajar yang dibagikan kepada peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi minat belajar peserta didik yakni dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) berbantuan media podcast. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) berbantuan media podcast terhadap minat belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen, dirancang dengan menggunakan desain posttest only control group design dan dilakukan pada Rabu, 24 Agustus 2022 semester ganjil. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IX MTs Mambaul Ulum Margoyoso. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling dan didapat kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan kelas IX A sebagai kelas control. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh nilai 0,200 yang artinya sig. > 0,05 sehingga data tersebut berdistribusi normal. Adapun uji homogenitas yang diperoleh bernilai 0,270 yang artinya sig. > 0,05 sehingga data tersebut homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) dengan bantuan media podcast berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Biologi. Kata kunci : Index Card Match (ICM), Minat Belajar, dan Media Podcast.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:26
Last Modified: 11 Jan 2023 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22632

Actions (login required)

View Item View Item