KORELASI ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS IX KMI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE BELITANG OKU TIMUR

Atika, Devi Rahmadani (2023) KORELASI ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS IX KMI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE BELITANG OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi atika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar fiqih pada siswa kelas IX KMI Pondok Pesantren Modern Nurrusalam Sidogede Belitang OKU Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi untuk menguji hubungan antar dua variabel. Variabel dalam penelitian ini adalah (X) Kedisiplinan Belajar, dan (Y) Prestasi Belajar Fiqih. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa. sampel yang berjumlah 50 siswa dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengumpulkan data kedisiplinan belajar dan raport untuk data prestasi belajar fiqih. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha, instrumen kedisiplinan belajar memiliki koefisien cronbach’s alpha sebesar 0,804. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu tahap uji prasyarat, uji hipotesis dan tahap deskripsi data. Tahap uji prasayarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar fiqih pada siswa kelas IX KMI Pondok Pesantren Modern Nurrusalam Sidogede Belitang OKU Timur. Hal tersebut ditunjukan dengan rhitung 0,633 lebih besar dari pada rtabel dengan N 50 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,279 sehingga rhitung > rtabel (0,633 >0,279 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian peneliti simpulkan bahwa kedisiplinan belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar fiqih pada pada siswa kelas IX KMI Pondok Pesantren Modern Nurrusalam Sidogede Belitang OKU Timur. Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar, Fiqih iv ABSTRACT This study aims to determine whether there is a relationship between learning discipline and fiqih learning achievement in class IX students of KMI Pondok Pesantren Modern Nurrusalam Sidogede Belitang East OKU. This study uses a quantitative approach. This type of research is correlation research to examine the relationship between two variables. The variables in this study are (X) Learning Discipline, and (Y) Fiqih Learning Achievement. The population in this study amounted to 101 students. a sample of 50 students was conducted using simple random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires, observation and documentation. This study uses a questionnaire to collect learning discipline data and report cards for fiqih learning achievement data. Testing the instrument using the validity test and reliability testing using the cronbach's alpha formula, the learning discipline instrument has a cronbach's alpha coefficient of 0.804. The data analysis technique consists of three stages, namely the prerequisite test stage, hypothesis testing and data description stage. The analysis prerequisite test phase includes normality test and linearity test. Hypothesis test using product moment correlation technique. The results of this study indicate that there is a relationship between learning discipline and fiqih learning achievement in class IX students of KMI Pondok Pesantren Modern Nurrusalam Sidogede Belitang East OKU. This is indicated by rcount 0.633 which is greater than rtable with N 50 at a significant level of 5% of 0.279 so that rcount > rtable (0.633 > 0.279 which means Ho is rejected and Ha is accepted. Thus the researcher concludes that learning discipline has a significant relationship with fiqih learning achievement in class IX students of KMI Modern Islamic Boarding School Nurrusalam Sidogede Belitang East OKU. Keywords: learning discipline, learning achievement, fiqih

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:23
Last Modified: 11 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22626

Actions (login required)

View Item View Item