PENGARUH LABELISASI HALAL, HEALTH AWARENESS, PENGETAHUAN CRUEALTY FREE DAN NO ANIMAL TESTING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

Rizki, Hidayat (2023) PENGARUH LABELISASI HALAL, HEALTH AWARENESS, PENGETAHUAN CRUEALTY FREE DAN NO ANIMAL TESTING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sejalan dengan pengkonsumsian produk kecantikan tidak terlepas dari bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan produk kecantikan tersebut yang dalam proses uji coba banyak menggunakan hewan untuk dijadikan sampel bahan percobaan. Ini menarik untuk peneliti angkat ialah karena konten yang berisi informasi yang masih jarang dibahas diIndonesia adalah berbagai pengetahuan serta pemahaman mengenai animal cruelty-free terutama dalam produk kosmetik di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan menguji hipotresis yang ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dan jumlah sampel yang ada adalah 100 orang mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Penelitian ini menggunakan SPSS untuk menguji valid atau tidaknya kuisioner tersebut. Hasil data yang diperoleh dari 100 orang mahasiswa UIN Raden Intan Lampung bahwa variabel labelisasi halal, Health Awarreness, variabel Cruelty Free dan No Animal Testing tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk skincare. Maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak adanya hubungan antara ketiga variable tersebut terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare (Y). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel labelisasi halal (X1), health awareness (X2), cruelty free dan no animal testing (X3) sebesar 6%, sedangkan sisanya 94,% dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti dalam penelitian ini. Produk halal, produk health awareness, cruelty free dan no animal testing adalah kosmetik dan produk skincare yang tidak mengandung unsur atau barang haram dalam proses pembuatannya serta dilarang untuk dikonsumsi umat Islam baik yang menyangkut bahan baku, bahan tambahan, bahan pembantu lainnya termasuk bahan produksi yang diolah melalui proses rekayasa genetika dan iradasi yang pengolahannya dilakukan sesuai dengan syariat Islam serta memberikan manfaat yang lebih daripada mudharat (efek). Kata Kunci: Labelisasi Halal, Health Awarreness, Cruelty Free, No Animal Testing, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:46
Last Modified: 10 Jan 2023 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22617

Actions (login required)

View Item View Item