REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI ORIENTASI TUJUAN DAN KELEKATAN TEMAN SEBAYA

Noni, A Somad and M., Nursalim Malay and Citra, Wahyuni REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI ORIENTASI TUJUAN DAN KELEKATAN TEMAN SEBAYA. Jurnal Ilmiah PSYCHE.

[thumbnail of Jurnal Ilmiah Psyche Vol.16 N0.2 Desember 2022.pdf1.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Abstrak : Regulasi diri pada proses pembelajaran yakni kemampuan dari seorang individu yang berperan aktif pada tahapan pembelajaran baik dengan metakognisi, motivasi, dan tingkah laku. Satu dari faktor yang memberikan pengaruh regulasi diri adalah orientasi tujuan dan kedekatan dengan teman seusia. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis relasi antara orientasi tujuan dan kelekatan teman sebaya dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Implikasi pada penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa mengejar belajar yang bermakna menggunakan regulasi diri belajar yang baik. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data memanfaatkan tiga jenis skala psikologi yakni regulasi diri dalam belajar, orientasi tujuan, dan kelekatan teman sebaya yang berbentuk kuisioner disebar melalui media google from. Subjek pada penelitian yaitu 480 mahasiswa aktif UIN Raden Intan Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Validitas pada penelitian ini memanfaatkan validitas isi dan reliabilitas memilih alpha cronbach. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kolerasi parsial dan regresi berganda dengan program software JASP versi 0.16.3.0. Hasil dalam penelitian ini diperoleh nilai R = 0,843 dengan nilai F = 165, 083 (p<0,01) yang artinya terdapat korelasi positif signifikan dari orientasi tujuan dan kelekatan teman sebaya dengan regulasi diri pada proses belajar kalangan mahasiswa. Variabel orientasi tujuan dan kelekatan teman sebaya memberikan pengaruh sebesar 71.1% terhadap regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Kata kunci: Regulasi Diri Dalam Belajar, Orientasi Tujuan, Kelekatan Teman Sebaya, Mahasiswa Abstract: Self-regulated learning is the ability of an individual to play an active role in the learning process both in metacognition, motivation, anda behavior. One of the factors that influence self-regulated learning is goal orientation and peer attachment. The study aims to analyze the relationship between goal orientation and peer attachment with self-regulated in student learning. The implication in this study is how students pursue meaningful learning by using self-regulated in good learning. This type of research is quantitative. The method of data collection in this study was to use three types of psychological scales, namely self�regulates learning, goal orientation, and peer attachment in the from of a questionnaire distributed throught google from media. The subjects in this study were 480 active students of UIN Raden Intan Lampung. The sampling technique using accidental sampling. Validity in this study using content validity and reliability using cronbach’s alpha. In this study using partial correlation and multiple regression data analysis techniques wuth the JASP software version 0.16.3.0. The results in this study obtained a value of R = 0.843 with a value of F = 165.083 (p<0.01) it shows that there is a significant positive relationship between goal orientation and peer attachment with self-regulated learning in university students. Goal orientation variables and peer attachment have an effect of 71.1% on self-regulated learning in university sudents.. Keywords : Self -Regulated Learning, Goal Orientation, Peer Attachment, University Students

Item Type: Article
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:43
Last Modified: 10 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22616

Actions (login required)

View Item View Item