PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDERN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIS MATHLA’UL ANWAR LANDBAW KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS

Fadhilatul, Munawaroh (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDERN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIS MATHLA’UL ANWAR LANDBAW KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FADHILATUL MUNAWAROH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru terkesan kurang bervariasi, hasil belajar pada mata pelarajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dinilai masih cukup rendah, minimnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) berbasis lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Mathla‟ul Anwar landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan Quasy Eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling (sample acak). Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dengan pengolahan data Uji Independent Sample T Test diperoleh nilai nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dimana pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 56,61 dan nilai posttest sebesar 72,14. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest menunjukkan angka 56,25 dan rata-rata nilai posttest sebesar 61,07. Artinya jika dilakukan suatu perbandingan antara dua pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol maka terdapat selisih nilai yang cukup signifikan, dimana pada kelas eksperimen lebih unggul yang menggunakan model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) berbasis lingkungan sekitar dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di MIS Mathla‟ul Anwar Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Kata Kunci : Model Pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS), Lingkungan Sekitar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:35
Last Modified: 10 Jan 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22615

Actions (login required)

View Item View Item