Fadhilatul, Munawaroh (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDERN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIS MATHLA’UL ANWAR LANDBAW KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru terkesan kurang bervariasi, hasil belajar pada mata pelarajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dinilai masih cukup rendah, minimnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) berbasis lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Mathla‟ul Anwar landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan Quasy Eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling (sample acak). Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dengan pengolahan data Uji Independent Sample T Test diperoleh nilai nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dimana pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 56,61 dan nilai posttest sebesar 72,14. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest menunjukkan angka 56,25 dan rata-rata nilai posttest sebesar 61,07. Artinya jika dilakukan suatu perbandingan antara dua pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol maka terdapat selisih nilai yang cukup signifikan, dimana pada kelas eksperimen lebih unggul yang menggunakan model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) berbasis lingkungan sekitar dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di MIS Mathla‟ul Anwar Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Kata Kunci : Model Pembelajaran Childern Learning In Science (CLIS), Lingkungan Sekitar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:35 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22615 |
Actions (login required)
View Item |