IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU (Studi Di MTs. Nahdatul Ulama Krui Kabupaten Pesisir Barat)

OKVIYANI, Mat Yani (2023) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU (Studi Di MTs. Nahdatul Ulama Krui Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Okvi bab 1-2-5. CD.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Okfiani Full,. CD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs. NU) Krui Kabupaten Pesisir Barat dalam upaya mengembangkan sumber daya guru kepala sekolah selalu memperhatikan, mengupayakan, memberikan dorongan dan arahan tentang pentingnya mengembangankan kompetensi yang dimiliki sebagai guru. Ketentuan ini pun sudah tertera didalam Undang-undang tentang pentingnya pengembangan guru, seperti halnya pengembangan pada kualifikasi guru, sertifikasi, pelatihan, supervisi pendidik dan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen sumber daya guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs. NU) Krui Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunaan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian lapangan menunjukkan pelaksanaan pengembangan sumber daya guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs. NU) Krui Kabupaten Pesisir Barat. sudah dilaksanakan dengan cukup baik dilihat dari tujuh program pengembangan guru yang mesti dilakukan dalam mengembangkan kompetensi guru yakni: kualifikasi, sertifikasi, pelatihan, supervisi, MGMP, simposium dan penelitian. Pengembangan sumber daya guru diawali dari peningkatan kualifikasi bagi guru yang belum memiliki kualifikasi, lalu sertifikasi sebagai bentuk pengakuan terhadap profesionalisme guru. Pelatihan yang diikuti dalam bentuk pendidikan dan pelatihan, dan juga workshop. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sebagai bentuk pembinaan terhadap kinerja guru. MGMP yang dilaksanakan dalam bentuk suatu forum diskusi dari berbagai lembaga pendidikan. Kemudian simposium yang pelaksanaannya seperti halnya pelatihan yang terakhir adalah pelatihan yang dilaksanakan dalam bentuk observasi dan evaluasi. Kata kunci: Sumber Daya Guru iv ABSTRACT Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs. NU) Krui Pesisir Barat Regency in an effort to develop teacher resources, principals always pay attention to, seek, provide encouragement and direction about the importance of developing their competencies as teachers. This provision has also been stated in the law regarding the importance of teacher development, such as the development of teacher qualifications, certification, training, teacher supervision and others. This study aims to determine how the implementation of teacher resource management in Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs. NU) Krui Pesisir Barat Regency. This study uses a descriptive qualitative field research model. The method used is observation, interview, documentation and triangulation. Data analysis uses an inductive approach. The results of the field research indicate the implementation of teacher resource development in Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs. NU) Krui, Pesisir Barat Regency. It has been implemented quite well, judging from the seven teacher development programs that must be carried out in developing teacher competence, namely: qualification, certification, training, supervision, MGMP, symposium and research. The development of teacher resources begins with increasing the qualifications for teachers who do not yet have qualifications, then certification as a form of recognition of teacher professionalism. The training followed in the form of education and training, as well as workshops. Supervision carried out by school principals and supervisors as a form of guidance on teacher performance. The MGMP is carried out in the form of a discussion forum from various educational institutions. Then the symposium, the implementation of which was similar to the last training, was training carried out in the form of observation and evaluation. Keywords: Teacher Resources

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:16
Last Modified: 10 Jan 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22613

Actions (login required)

View Item View Item